Langkah Inisiatif Majelis Dikdasmen ‘Aisyiyah DIY Susun Rencana Pembelajaran Siswa Di Rumah

18 Maret 2020 20:09 WIB | dibaca 529

Yogyakarta -- Menyikapi kondisi penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas, ‘Aisyiyah dalam hal ini Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) turut mengambil langkah dalam pengurangan risiko tersebut. Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah telah mengeluarkan surat yang diedarkan kepada Majelis Dikdasmen di seluruh level pimpinan ‘Aisyiyah.

Kebijakan yang diambil yaitu meniadakan aktivitas pembelajaran di lingkungan sekolah ‘Aisyiyah dan menggantinya dengan aktivitas pembelajaran di rumah.

“Hal tersebut dimaksudkan agar anak didik TK ‘Aisyiyah tetap memperoleh stimulasi pendidikan secara tepat maka PWA Majelis Dikdasmen DIY merancang perencanaan pembelajaran di rumah sebagai panduan orang tua dalam mendampingi anak selama kegiatan pembelajaran di rumah,” ungkap Dra. Kis Rahayu, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWA DIY)

Kis menambahkan selain sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19, kebijakan tersebut juga dimaksudkan dalam rangka tetap berlangsungnya proses pembelajaran di rumah.

Lebih lanjut Kis mengatakan bahwa Majelis Dikdasmen PWA DIY telah menyusun Rencana Pembelajaran di Rumah Anak-anak PAUD ‘Aisyiyah DIY. Rencana Pembelajaran di Rumah Anak-anak PAUD ‘Aisyiyah DIY tersebut mengangkat satu tema khusus setiap pekan selama proses pembelajaran siswa di rumah.

“Setiap Rencana pembelajaran dikirim ke ortu sehari sebelum dilaksanakan, agar dapat mempersiapkan bahan. Meski satu minggu ada satu tema, namun setiap hari ada pergantian bahan atau media bermain dan berganti cara memainkan. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak mengalami kejenuhan dan juga untuk memberikan pengalaman yang beragam bagi anak,” cerita Kis.

Foto: Rencana Pembelajaran di Rumah dengan Tema "Gembiraloka Zoo"

Kis menambahkan bahwa materi kegiatan pembelajaran di rumah tersebut ditujukan untuk membantu orang tua dalam pembelajaran di rumah, sebagai panduan orang tua dalam mendampingi dan menstimulasi perkembangan anak di rumah, selain itu membantu orang tua dalam menentukan materi pembelajaran, pembentukan sikap dan keterampilan yang harus di bangun.

 

Rencana dari materi Rencana Pembelajaran di Rumah Anak-anak PAUD ‘Aisyiyah DIY sendiri akan diberlakukan untuk seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di DIY dengan tetap menyesuaikan pada minat dan perkembangan anak dengan berkonsultasi pada guru wali.

Kis berharap melalui rancangan pembelajaran di rumah ini orang tua dapat lebih kreatif dan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendampingan belajar bersama anak di rumah. Selain itu, orang tua diharapkan dapat mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan anak yang akan dilaporkan kepada para guru.

“Harapannya orangtua tidak kekurangan ide mengajak anak melakukan kegiatan yang positif. agar dapat mengurangi aktifitas yang dapat merugikan pertumbuhan dan perkembangan anak, misal terlalu sering bermain gawai,” pungkasnya. (AAM)