Konsolidasi MAMPU 'Aisyiyah Perkuat Potensi Perempuan

01 November 2019 12:15 WIB | dibaca 181

Kamis (31/10) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (PPA) mengadakan Konsolidasi Nasional Program MAMPU ‘Aisyiyah di gedung Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Jl. KH. Ahmad Dahlan No.32. Konsolidasi yang mengangkat tema ‘Penguatan Kepemimpinan Perempuan untuk Meningkatkan Akses Kesehatan Reproduksi dan Gizi dengan Pendekatan Hak Perempuan’ dihadiri oleh koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah dari 18 Kabupaten di Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak hari kamis (31/10) hingga hari minggu (4/11).

Koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah, Tri Hastuti Noor Rochimah, dalam sambutannya menyampaikan, banyak tantangan dan pekerjaan rumah bagi ‘Aisyiyah, yaitu terkait dengan Islam berkemajuan. Menurutnya, Islam berkemajuan menjadi nilai yang diterapkan dalam melakukan pemberdayaan, bagaimana dapat membawa Islam Rahmatan lil alamin. “Saya kira terdapat beberapa PR bagi kita yang harus terus diperbaiki , membangun jaringan juga menjadi PR kita bersama bagaimana kita bisa bergandengan tangan dengan kelompok-kelompok masyarakat yang lain” imbuh Tri.

Kegiatan Konsolidasi Nasional hingga saat ini telah dilaksankan untuk ketujuh kalinya. Kegiatan  ini  sebagai refleksi bersama atas program MAMPU dengan harapan selalu ada inovasi baru dari tahun ke tahun di mana setiap program kemitraan diharapkan akan mendukung kelembagaan ‘Aisyiyah.

Sementara itu, Ketua Umum PPA, Siti Noordjannah Djohantini yang juga hadir membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan konsolidasi sangat penting sebagai bentuk refleksi, evalusi, dan dapat menumbuhkan harapan bagi rencana kerja ke depan. Menurut Noordjanah, evaluasi adalah hal penting, tetapi menanam dan merajut harapan juga penting sebagai bagian dari refleksi.

Lebih lanjut Noordjannah mendorong agar setiap pimpinan dan tim di daerah dapat menjadikan program ini sebagai pendorong dan membuat inisiatif-inisiatif baru bagi organisasi. “Pada kegiatan konsolidasi ini masing-masing daerah perlu menambahkan isu-isu, agenda dan problem dan memperkuat potensi yang ada agar dapat dijadikan unggulan”. Menurutnya ‘Aisyiyah sudah sejak dahulu konsen di berbagai bidang salah satunya tentang kemajuan perempuan oleh karena itu seharusnya setiap kegiatan ‘Aisyiyah ini dapat menjadi syiar bagi organisasi.

 

  

Pada kegiatan konsolidasi ini setiap daerah yang hadir datang mendiskusikan capaian dan hambatan selama tahun 2019 dan juga mendiskusikan penguatan program serta rencana kerja di tahun 2010. Setiap daerah juga membawa berbagai produk hasil anggota Bina Usaha Ekonomi ‘Aisyiyah (BUEKA) dalam komunitas Balai Sakinah ‘Aisyiyah (BSA).