Ketua Umum PP Muhammadiyah Ajak Media Mencerdaskan Masyarakat

31 Mei 2019 09:36 WIB | dibaca 397

 
Masifnya penggunaan sosial media di masyarakat tanpa diiringi dengan kedewasaan berfikir menjadi salah satu perhatian dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. Hal tersebut ia sampaikan kepada para awak media yang menghadiri acara Silaturahim dan Buka Puasa Bersama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Awak Media pada Kamis (30/5) di Aula Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jl  Cik Ditiro, Yogyakarta.
 
Haedar juga menyinggung masih tingginya rasa ikatan golongan dalam masyarakat yang menurutnya mencerminkan masyarakat Indonesia masih merupakan masyarakat yang komunal dan parohial dalam berpolitik. "Masyarakat masih memiliki rasa dan ikatan yang tinggi pada golongan, benar atau salah adalah golongan ku dan nyaris golongan lain tidak pernah benar," Oleh karena itu Haedar menilai masih diperlukan proses pendewasaan di masyarakat.
 
Oleh karena itu Haedar melihat ada peran Muhammadiyah dan media untuk mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. "Di era media sosial ini pencerdasan perlu terus dilakukan dan Muhammadiyah sangat berkepentingan juga agar bangsa ini makin cerdas, makin tercerahkan, makin akil baliq dalam berpikir dan tumbuh menjadi masyarakat yang makin maju."
 
  
 
Haedar melihat banyak problem di tubuh bangsa seperti pengelolaan sumber daya alam, korupsi. "Tugas kita bagaimana masalah yang struktural ini dihadapi bersama, mana tugas pemerintah partai, ormas dan sebagainya." Ia juga mengajak segenap elit serta partai politik untuk membangun bangsa ini. Ia berharap agar partai politik tidak hanya menyebar kontestasi tetapi juga turut bertanggung jawab membangun bangsa.
 
Pada acara yang dihadiri rekan media ini juga turut hadir jajaran Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas dan Muhadjir Effendi;  Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto; serta Bendahara PP Muhammadiyah, Marpuji Ali. (Suri)