Kenalkan Rukun Islam ke-5 Pada Siswa, TK Aisyiyah 49 Gelar Manasik Haji

10 Februari 2020 13:10 WIB | dibaca 258

Surabaya -- Untuk memperkuat pemahaman ke-Islaman salah satunya dengan mengenalkan rukun Islam yang kelima pada usia dini, Taman Kanak-Kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) 49 yang beralamat di Jalan Sumber Mulyo V nomor 38-40 Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya menggelar kegiatan manasik haji. Kegiatan yang merupakan program tahunan di semester dua ini diikuti kurang lebih 107 siswa dengan 13 guru dan karyawan serta 20 pengurus Ikhwam dari kelompok A dan B. 

Kegiatan bertempat di halaman sekolah di samping Masjid Al Munawwaroh dan dilaksanakan pada Sabtu (8/2).

Kepala TK ABA, Ummu Baroroh S.Pd.I mengatakan, kegiatan manasik haji ini bertujuan sebagai pembelajaran sejak dini, agar siswa mengenal cara berhaji yang benar dan kelak ketika dewasa punya tekad untuk menggenapkan rukun Islam yang kelima dengan melaksanakan ibadah haji.

"Pada dasarnya anak hanya tahu dari cerita dan melihat televisi saja, dengan praktik langsung diharapkan anak bisa lebih paham," ungkap Ummu.

Ustadzah Rohmah selaku koordinator kegiatan menambahkan, selama manasik haji, anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang meliputi ihram, thawaf, saí, wukuf dan melempar jumroh. "Alhamdullillah anak-anak sudah hafal doanya," katanya.

Seperti harapan ibu kepala TK ABA 49, ketika sudah lulus nantinya, anak-anak dapat menghafal doa sehari-hari, hadist, serta sholat lima waktu mulai dari adzan, iqomah sampai menjadi Imam dan berakhlakul karimah.

Sumber: radarsurabaya.jawapos.com