Kenalkan Jiwa Kewirausahaan, TK 'Aisyiyah Alastuwo Belajar Membuat Tempe

24 Februari 2020 11:40 WIB | dibaca 139

Karanganyar -- Mengasah keterampilan anak dapat dilakukan sejak dini, misalnya mengenalkan jiwa kewirausahaan. Salah satunya yang dilakukan oleh TK 'Aisyiyah Alastuwo, Kekbakkramat Karanganyar kepada para siswanya. Dalam rangka mengenalkan jiwa kewirausahaan, siswa TK 'Aisyiyah Alastuwo yang sedang belajar dengan tema pekerjaan anak-anak diajak belajar membuat tempe di sekolah pada akhir pekal lalu (22/2).

Selain untuk memperkenalkan jiwa kewirausahaan anak-anak dapat mengenal makanan bergizi yang dibuat sendiri secara tradisional. Anak-anak diajari proses membuat tempe dari alat dan bahan yang diperkenalkan satu persatu, seperti pembuatan bahan dari kedelai yang dicuci bersih kemudian ditiriskan sampai kering setelah kering baru diberi ragi tempe.

Aturan pemberian ragi untuk 1 kg kedelai ragi sepucuk sendok teh. Setelah ragi dan kedelai dicampur, baru proses pembungkusan. Untuk menunggu hasilnya dibutuhkan waktu 2 hari. Dalam kegiatan pembuatan tempe tersebut anak-anak sangat gembira sekali, apalagi orang tua murid yang menjemput anak pulang sekolah, mereka sangat senang mendapat oleh-oleh tempe dari anaknya. 

Sumber: karanganyar.aisyiyah.or.id