Kawal UU Desa di Klaten: 'Aisyiyah Audiensi, Pemda Siapkan Edaran

14 November 2014 10:55 WIB | dibaca 948

Tri Hastuti Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) dalam Diskusi Publik Peran ‘Aisyiyah Dalam Implementasi UU Desa di Klaten, Sabtu (08/11/2014)

 

ka Purwanta, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Klaten menilai, sebagai organisasi perempuan, ‘Aisyiyah memiliki posisi penting dalam perencanaan pembangunan desa. Hal itu karena menurutnya, ‘Aisyiyah memiliki jaringan kuat yang bisa membantu realisasi UU Desa agar sesuai kebutuhan.

Untuk itu, Jaka berencana membuat surat edaran untuk kepala desa agar melibatkan organisasi perempuan yang ada di desa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Selain edaran dari Pemda, Jaka menyarankan agar ‘Aisyiyah melakukan audiensi pada perangkat desa.

“Mulai dari ‘Aisyiyah (Klaten) untuk menghadap kemudian memperkenalkan kemudian buat surat susunan organisasi. Sehingga camat tahu. Kemudian lakukan audinesi juga dengan ibu dan bapak camat. Sampaikan peran yang selama ini dilakukan ‘Aisyiyah.” Ujar Jaka dalam Diskusi Publik UU Desa di Klaten, Sabtu (08/11/2014).

Menurut Tri Hastuti, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA), keterlibatan organisasi perempuan menjadi peluang untuk mendorong proses pengambilan kebijakan dan menjadikan desa sebagai pusat pembangunan.

“Nanti tidak ada lagi orang-orang yang hijrah dari desa. Desa itu nanti menjadi tempat yang menyenangkan.” Kata Tri Hastuti.