Islam Ramah Perempuan, PP 'Aisyiyah Kembangkan Materi Dakwah Kesehatan Reproduksi dan Gizi

05 Maret 2018 11:35 WIB | dibaca 293

Masalah kesehatan reproduksi bukan hanya masalah biologis atau medis, tetapi sangat erat terkait dengan budaya/mitos dan dan interpretasi agama yang tidak berpihak pada perempuan. Itu adalah salah satu latar belakang dari digelarnya workshop “Pengembangan Materi Dakwah Kesehatan Reproduksi dan Gizi dengan Perspektif Islam Berkemajuan” yang diadakan di ruang sidang Kantor Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah, Jl. KH. Ahmad Dahlan no.32, Yogyakarta.

Disampaikan oleh Tri Hastuti Nur Rochimah selaku Koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah bahwa kesehatan reproduksi masih menjadi isu yang terpinggirkan, bahkan angka kematian ibu dan gizi buruk masih menjadi permasalahan serius di Indonesia. “Orang mempunyai harapan besar kepada ‘Aisyiyah terkait dengan isu perempuan, kespro, gizi, Isu yang masih menjadi problem di Indonesia,” ujar Tri. Menurut Tri Interpretasi agama yang tidak berpihak pada perempuan juga menjadi kendala dalam pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan. “Peran agama pada masyarakat Indonesia yang relijius menjadi siginifkan, maka masalah kesehatan reproduksi perempuan tidak lepas dari perspektif dan nilai-nilai agama Islam,” papar Tri. Oleh karena itu Tri melanjutkan pada kegiatan workshop ini ‘Aisyiyah ingin menyusun materi dakwah kesehatan reproduksi dalam perspektif Islam berkemajuan.

Pada acara acara yang mengundang Ketua-Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, LPPA PP ‘Aisyiyah, Tim MAMPU ‘Aisyiyah, Ketua LPPI UNISA, serta dosen AIK UNISA ini dibahas berbagai hal mulai dari identifikasi Isu-isu Kesehatan Reproduksi dan Gizi, drafting chapter buku materi kesehatan reproduksi dalam Islam serta drafting buku khutbah jum’at kesehatan reproduksi. Sebagai lanjutan dari workshop ini, PP ‘Aisyiyah akan membahas lebih lanjut beberapa isu yang muncul dalam workshop dengan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Disampaikan oleh Hajar Nur Setyowati dari PO MAMPU ‘Aisyiyah bahwa materi-materi yang disusun ini nantinya akan dibuat berbagai bentuk baik buku maupun file-file digital yang bisa diberikan dan dipergunakan oleh para mubaligh dan mubalighot Muhammadiyah-‘Aisyiyah untuk melakukan dakwah dibidang kesehatan reproduksi. (Suri)