IGABA Cabang Bantul Semangat Songsong Ramadhan

03 Mei 2019 17:30 WIB | dibaca 479

BANTUL -- Menjelang bulan Ramadhan, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) mengadakan kegiatan Senam Massal dalam semarak rangkaian acara Songsong Ramadhan pada (03/05).  “Memasuki bulan Ramadhan hendaknya kita mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun rohani. Orang tua harus mulai menyiapkan anak-anaknya untuk menghadapi bulan Ramadhan, salah satunya memberikan pembekalan dengan berolahraga,” jelas Latief Wulandari selaku Ketua Panitia acara Songsong Ramadhan.

Ribuan peserta Senam Massal memenuhi Lapangan Pasutan. Tercatat 2390 peserta dengan kategori anak-anak sebanyak 1138 beserta wali, guru, tamu undangan, dan masyarakat setempat antusias mengikuti senam tersebut. Acara selanjutnya adalah pengumuman dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba-lomba dalam rangkaian acara Songsong Ramadhan yang telah diadakan sejak (22/04) lalu hingga (29/04).

Kegiatan Senam Massal tersebut mendapat dukungan dan apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Olahraga (DIkpora) Kabupaten Bantul, Isdarmoko, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul, Sahari, dan masyarakat desa Trirenggo khususnya masyarakat sekitar Lapangan Pasutan tempat dilaksanakannya kegiatan senam. Baik Isdarmoko, Sahari dan perwakilan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Bantul berharap acara Songsong Ramadhan ini dapat rutin dilakukan.

“Dari PDA memberi support dan sedikit wejangan, minta untuk rutin diadakan. Tadi dari Sahari, Ketua PDM Bantul juga menyampaikan ini acaranya bagus, bisa disupport kembali, nanti bisa dikemas kembali lebih baik lagi dan kerjasamanya bisa ditingkatkan lagi. Sehingga untuk tahun-tahun kedepan bisa jadi agenda rutin, karena untuk acara Songsong Ramadhan ini belum menjadi agenda rutin. Rutinnya sudah tetapi hanya kecil-kecilan.Maka untuk Ramadhan kita adakan Songsong Ramadhan ini yang secara perdana kami lakukan. Mudah-mudahan nanti bisa berlanjut jadi agenda rutin,” ungkap Wulandari.

Menurut Isdarmoko, Kepala Dikpora Kabupaten Bantul, kegiatan senam massal dalam acara Songsong Ramadhan merupakan bekal yang bagus menuju bulan Ramadhan. Ia menyampaikan pesan untuk memperbanyak amal dan ibadah ketika bulan Ramadhan dan berharap kegiatan yang diselenggarakan IGABA dapat mencetak generasi anak-anak menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Senada dengan hal tersebut, Sahari, Ketua PDM Kabupaten bantul menyampaikan bahwa yang dilakukan IGABA Kecamatan Bantul menjadi bagian dari perjuangan, amanah bangsa untuk menyiapkan generasi penerus yang lebih baik.

Selain itu, Erna Suharsono, Bunda PAUD Kabupaten Bantul yang turut hadir dan mengikuti jalannya senam juga memberikan apresiasi kepada IGABA Kecamatan Bantul dan orang tua murid TK ABA yang hadir. “Kepada bapak ibu dan anak-anak yang mendapatkan juara-juara, semoga tambah semangat, tambah rajin belajar, mudah-mudahan tercapai apa yang dicita-citakan,” katanya.

“Saya juga titip pesan, karena ini di lapangan umum, yang dipakai juga warga masyarakat di sekitar sini, saya mohon nanti sesudah acara sampah-sampah yang ada di acara ini segera dibersihkan. Sehingga anak-anak terbiasa, diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya,” tambah Erna.

Dia akhir, Wulandari berharap kegiatan yang dilakukan dapat memberikan semangat dan kesenangan bagi anak-anak. “Harapannya anak-anak menjadi lebih senang, mencintai olahraga, lebih semangat Ramadhan karena tentunya masih dalam taraf belajar. Orang tuanya perlu menyiapkan secara psikisnya maupun fisiknya sehingga nanti menghadapi bulan Ramadhan akan menjadi lebih nyaman,” tutupnya. (AAM)