Herry Zudianto : Partai Harusnya Mewakafkan Kader Bukan Menugaskan

25 Mei 2016 11:37 WIB | dibaca 1084

 

aisyiyah.or.id, Yogyakarta- Mantan Walikota Yogyakarta periode 2001-2011, Herry Zudianto mengatakan bahwa partai politik yang mengusung kadernya untuk menjadi pemimpin seharusnya mewakafkan kadernya untuk rakyat, bukan menugaskan.

“Karena, ketika kita (kader) diwakafkan, kita sudah tidak diusung lagi oleh partai . Tapi sekarang lebih banyak (kader) ditugaskan oleh parta,” papar Herry Zudianto dalam sidang pleno KNIB di UMY pada Selasa (24/05).

Bagi sosok yang akrab disapa Kang Herry, visi mewakafkan kader akan memberi pengaruh kinerja pemimpin. Pemimpin akan terlepas dari berbagai kepentingan dan memperlakukan semua pihak secara sama.

“Selama sata memimpin dalam 10 tahun, saya tidak mengenal istilah pengurung dalam artian pembicaraan dengan dewan, pendukung, atau lainnya. Semua saya perlakukan sama. Tapi memang tidak mudah menjalankan itu. Terutama untuk partai pendukung,” tambah Herry.

Herry menegaskan agar independensi dimulai sejak awal. Salah satunya dengan terbebas dari sponsor dari berbagai pihak yang akan mempengaruhi birokrasi dalam memimpin. [Mids]