Griya Lansia 'Aisyiyah Baiturrahmah Gelar Jambore Lansia 'Aisyiyah

02 November 2017 18:35 WIB | dibaca 665

31/10 – 1/11 2017 Griya Lansia 'Aisyiyah Baiturrahmah menggelar kegiatan Jambore Lansia 'Aisyiyah di Wisma PU Kaliurang. Acara yang dibuka oleh Zulaikha selaku Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY ini diikuti oleh 92 peserta lansia dari Pimpinan Daerah 'Aisyiyah se-DIY yakni kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulonprogo, Sleman dan Bantul.

Griya Lansia 'Aisyiyah Baiturrahmah merupakan komunitas lansia milik Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Yogyakarta yang berada dibawah kepengurusan Majelis Kesehatan. Griya Lansia 'Aisyiyah Baiturrahmah sendiri merupakan salah satu pilot project dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Menurut Siti Azizah selaku sekretaris Griya Lansia ‘Aisyiyah Baiturrahmah, angka harapan hidup terutama di Yogyakarta sangat tinggi sehingga semakin hari jumlah lansia semakin bertambah dan perlu dipikirkan cara untuk menjadikan lansia tetap produktif. "Griya Lansia 'Aisyiyah mencoba menjawab kebutuhan para lansia tersebut, para aktivis 'Aisyiyah yang sudah pensiun dari kepengurusan kami buatkan wadah Griya Lansia 'Aisyiyah ini untuk menjaga bahkan meningkatkan kualitas hidup mereka melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui Jambore Lansia ini," papar Azizah.

 

Disampaikan oleh Azizah bahwa tujuan dari digelarnya Jambore Lansia 'Aisyiyah ini sebagai variasi kegiatan karena berkegiatan di luar rumah sangat diperlukan untuk membahagiakan para lansia  yang bisa meningkatkan kualitas hidup mereka. "Acara ini juga kami isi dengan beberapa materi pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan lansia," terang Zizah. Pemberian materi tersebut bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Dr.dr.Probosuseno praktisi kesehatan lansia, Komunitas Masyarakat Anti Alzheimer, RSUP Dr.Sardjito bagian penyakit saraf juga UNISA. Rangkaian acara juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan  dari RS PKU, kegiatan outbond fun game dan yang tak pernah ketinggalan adalah sholat malam serta tadarus.

Azizah menyampaikanbahwa harapan kedepannya acara ini bisa menjadi event rutin dan Griya Lansia 'Aisyiyah Baiturrahmah bisa membuat role model kegiatan jambore lansia ini yang bisa diikuti oleh seluruh komunitas lansia yang ada di Yogyakarta maupun seluruh Indonesia. (Suri)