Gerakan Cegah Stunting Anak PDA Deli Serdang

12 September 2019 09:26 WIB | dibaca 226

Deli Serdang -- Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Deli Serdang rutin mengadakan senam lansia setiap hari Ahad. Kordinator Bidang Majelis Kesehatan, Asiyah KM. S.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan pelaksanaan program sesuai Tanfidz Musyda PDA Deli Serdang terkhusus Majelis Kesehatan sekaligus sebagai bentuk perhatian terhadap Ibu-ibu  yang lanjut usia agar mereka tetap sehat dan aktif dalam ber-'Aisyiyah.

Selain senam lansia dilakukan juga pemeriksaan kesehatan, cek kadar gula, tekanan darah, asam urat dan kolesterol. Pelaksana cek kesehatan di lakukan oleh ketua Majelis Kesehatan yaitu Rosnita Panjaitan yang dalam kesehariannya  berprofesi sebagai  perawat. Selesai melaksanakan senam lansia dilanjutkan dengan memberikan makanan tambahan bagi balita yang ada di lingkungan setempat.

Hampir di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang ini, dihadiri Ketua PDA Deli Serdang, Yenny Dermawan untuk memberikan semangat kepada warga 'Aisyiyah yang ikut dalam kegiatan. Di hadapan para peserta kegiatan, Yenny menyampaikan bahwa pertumbuhan janin dalam kandungan atau di kenal 1000 hari masa pertumbuhan bayi harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari kasus stunting pada balita. "Menurut WHO kasus stunting di Indonesia masih tergolong tinggi. Oleh karena itu 'Aisyiyah harus peduli dengan situasi ini dan salah satu yang dapat kita lakukan adalah membagikan makanan tambahan untuk balita," jelas Yenny. Menurutnya stunting bukan hanya persoalan individu, tapi juga menyangkut eksistensi bangsa. Indonesia akan mengalami puncak bonus demoigrafi pada tahun 2030 bisa sia-sia apabila masih banyak balita gagal tumbuh akibat gizi kronis.

"Kegiatan ini insyaallah dapat terus dilaksanakan agar masyarakat dapat mengerti gerakan yang melintas batas dari Organisasi 'Aisyiyah," tambah Yenny.

Sumber: sumut.aisyiyah.or.id