Ganjar Pranowo : Jawa Tengah Siap Sukseskan Muktamar Muhammadiyah-'Aisyiyah

06 Februari 2020 10:14 WIB | dibaca 334

 
Semarang -- Jelang Muktamar ke-48 di Surakarta pada 1-5 Juli mendatang, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah beserta rombongan bersilaturahim ke kediaman Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurut Haedar, silaturahmi ini merupakan bentuk ‘kulonuwun’ atau permisi terkait penyelenggaraan Muktamar ke-48 yang akan berlangsung di Surakarta. Haedar juga menyampaikan akan menggunakan stadion Manahan sebagai lokasi pembukaan Muktamar 48 yang akan diikuti ribuan peserta dan puluhan ribu penggembira dari seluruh Indonesia.
 
Pada pertemuan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur Jateng tersebut (Rabu, 5/2),  Ganjar Pranowo menyambut baik dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah. Pemerintah Jateng siap mendukung dengan sumber daya yang ada untuk dapat membantu suksesnya pelaksanaan Muktamar. "Muhammadiyah merupakan ormas Islam modern terbesar yang kiprah dan jasanya besar untuk Indonesia, bahkan ikut membidani lahirnya NKRI. Oleh karena itu, seluruh jajaran pemerintahan Jateng siap menyukseskan Muktamar," ucap Ganjar. 
 
Dalam silaturahmi tersebut, baik Gubernur Jateng maupun PP Muhammadiyah dan PP 'Aisyiyah saling sepakat bahwa akar budaya kebersamaan dan gotong royong sebagai indigenous culture atau kearifan lokal bangsa Indonesia yang harus selalu ditumbuhkembangkan. Ganjar juga meyakini bahwa Muhammadiyah-'Aisyiyah sebagai organisasi terbesar di Indonesia akan selalu berkontribusi bagi bangsa ini sesuai tema Muktamar Muhammadiyah "Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta."
 
Sementara itu, Ketua Umum PP 'Aisyiyah, Siti Noorjannah Djohantini, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Muktamar ‘Aisyiyah yang diselenggarakan bersama dengan Muktamar Muhammadiyah akan mengusung tema "Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa". Selain itu Noordjannah juga menyampaikan agenda dan rangkaian semarak Muktamar 48 ‘Aisyiyah. Noordjannah berharap Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah yang akan berlangsung pada bulan Juli ini dapat menjadi agenda untuk membangun perdamaian dan persaudaraan masyarakat.
 
  
 
Mendengar pemaparan agenda Muktamar 'Aisyiyah, Gubernur Jateng memberikan apresiasi atas semangat dan perjuangan ‘Aisyiyah membangun kemajuan bagi perempuan di Jawa Tengah serta Indonesia. Senada dengan Noordjannah, Ganjar menginginkan agar Muktamar ke-48 Muhammadiyah – ‘Aisyiyah dapat menggelorakan semangat persatuan bangsa sekaligus menghidupkan perekonomian di Kota Solo dan sekitarnya. 
 
Pada pertemuan yang turut dihadiri  SC dan OC Muktamar 48, panitia lokal, serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Jateng tersebut Ganjar berharap agar kegembiraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah juga menjadi kegembiraan masyarakat Jateng. Ia mengusulkan agar saat penutupan Muktamar dapat mengajak partisipasi masyarakat dengan memanfaatkan Car Free Day pada 5 Juli 2020 dengan kegiatan yang bersifat menggembirakan bersama-sama. (Suri/Ditsa)