Gandeng BPS, LPP 'Aisyiyah Pangkep Gelar Pelatihan Manajemen Data Berbasis Penelitian

07 April 2017 09:06 WIB | dibaca 575

 

Dalam menjalankan sebuah program kerja salah satu indikator yang menjadi acuan adalah data yang valid. Data yang tidak lengkap dan tak jelas sumbernya menjadikan program yang sedang dan akan kita kerjakan menjadi kurang maksimal. Ketersediaan data juga harus didukung dengan skill dan knowledge SDM yang ada untuk dapat memanfaatkan serta serta mengelolanya.

Persoalan mendapatkan serta mengelola data ini seringkali menjadi hal yang terlewatkan oleh beberapa lembaga atau organisasi. Berangkat dari hal tersebut 'Aisyiyah Pangkep melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan 'Aisyiyah (LPPA) Kabupaten Pangkep bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Pangkep menggelar Pelatihan Manajemen Data Berbasis Penelitian "Strengthening Our Data System". Kegiatan ini melibatkan unsur Pimpinan Daerah, staf LPPA, PCA, PRA serta Kader Balai Sakinah Aisyiyah Pangkep di 3 Desa dan 6 Kelurahan yang berjumlah 40 orang dan dilaksanakan di Gedung Dakwah 'Aisyiyah, Rabu (5/4)

 

Lembaga Penelitian dan Pengembangan 'Aisyiyah (LPPA) Kabupaten Pangkep adalah salah satu lembaga yang terdapat dalam struktur Pimpinan Daerah 'Aisyiyah yang memiliki tupoksi untuk penguatan SDM dalam penguatan data kelembagaan. Disampaikan oleh Sekretaris LPPA Rohani bahwa tujuan training ini untuk meningkatkan kapasitas kader 'Aisyiyah dalam mengumpulkan sejumlah data yang dibutuhkan untuk penguatan kelembagaan. "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas skill dan pengetahuan pengurus 'Aisyiyah dalam mengumpulkan serta mengelola data yang didapatkan dilapangan untuk selanjutnya menjadi bahan penyusunan berbagai program, bahan monev untuk evaluasi program serta penguatan bahan data untuk Advokasi para pihak terkait issu yang akan diteliti" Ujar Rohani.

  

"Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) training ini adalah seluruh peserta akan turun ke lapangan desa/kelurahan untuk melakukan penelitian langsung terkait salah satu issu program Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Kemiskinan (MAMPU) Aisyiyah Pangkep yakni "Dampak Penyuluhan dan Pemerikasaan Tes IVA bagi Kesehatan Reproduksi Perempuan di 2 Desa/ 4 Kelurahan sasaran program   yang sudah dilakukan sejak tahun 2014 berjalan," sambungnya. Ditambahkan oleh Rohani bahwa hasil penelitian ini juga akan diolah bersama dengan BPS Kabupaten Pangkep.

Badan Pusat Statistik Pangkep juga turut menyampaikan rasa senang dan kebanggaannya diajak oleh 'Aisyiyah Pangkep untuk terlibat dalam mensukseskan pelatihan ini. "Kami sangat senang dilibatkan dan diajak bekerjasama oleh LPPA dalam mensukseskan pelatihan manajemen data dan 'Aisyiyah adalah salah satu Organisasi yang pertama kali mau menggandeng kami menjadikan data sebagai salah satu indikator penting dalam menguatkan program kelembagaan dengan pendekatan statistik," ujar Naharuddin Supu Kepala BPS Pangkep. Dalam sambutan yang disampaikannya saat pembukaan pelatihan Naharuddin menyampaikan data sangat penting dalam menjalankan program. "Data memang sangat penting untuk dijadikan dasar dalam menjalankan program serta mengevaluasi program organisasi sama halnya dalam lingkup pembangunan daerah, data adalah instrumen penting yang harus menjadikan dasar perencanaan pembangunan agar hasilnya lebih tepat sasaran" jelas beliau. (Nhany Rachman/Suri)