Festival Rumah Gizi Di Kota Tegal Upaya Tangani Kasus Stunting

11 Maret 2020 10:39 WIB | dibaca 87

Kota Tegal --Dalam rangka Hari Gizi Nasional pada (8/3) lalu, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Tegal mengadakan kegiatan Festival Rumah Gizi. Festival tersebut dilaksanakan di Klinik Pratama ‘Aisyiyah Siti Hajar, Kota Tegal. Selain dihadiri unsur PDA Kota Tegal juga dihadiri Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah yang diwakili Eny Winaryati dan Siti Aminah.

Festival Rumah Gizi digelar sebagai wujud PDA dan Pemerintah Kota Tegal dalam menangani persoalan stunting yang terjadi di Kota Tegal. Masalah stunting atau bertubuh kerdil menjadi permasalahan kesehatan nasional yang belum tuntas sampai saat ini, termasuk di Kota Tegal.

Stunting sendiri adalah suatu kondisi yang merujuk pada tubuh pendek yang dialami anak di bawah umur lima tahun (balita) karena kekurangan gizi kronis dalam lama waktu tertentu.

Di Kota Tegal, angka kasus stunting cukup tinggi dan paling banyak ditemukan di Kelurahan Panggung dengan 24 kasus, Margadana dan Slerok masing-masing 20 kasus. Adanya balita kerdil tersebut terjadi hampir di setiap kelurahan di Kota Tegal. Hanya Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat yang tidak ditemukan kasus tersebut.

"Festival Rumah Gizi yang diselenggarakan kerja sama ini menjadi program dukungan yang sangat baik karena dapat membantu pemerintah memerangi gizi buruk dan stunting," ujar Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, saat membuka Festival Rumah Gizi.

Ketua Klinik ‘Aisyiyah Kota Tegal, Hj. Dewi Umaroh menyebut kegiatan Festival Rumah Gizi bertujuan untuk meningkatkan reproduksi gizi warga demi mencegah stunting pada anak di Kota Tegal.

"Ada tujuh upaya yang dilakukan dalam kegiatan tersebut seperti pemberian makanan tambahan bagi balita, ibu hamil dan menyusui, pengolahan makanan bergizi, konseling ASI dan Gizi, Edukasi Gizi, Kebun/Ternak/Kolam Gizi, Program Sanitasi dan PHBS, serta Pelibatan Tokoh Masyarakat/Agama/Adat dalam memerangi gizi buruk dan stunting," terang Dewi.

Dewi menyampaikan Klinik Siti ‘Aisyiah juga melakukan kerja sama program pencegahan stunting dengan pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal serta penandatanganan komitmen bersama. Dewi berharap program kegiatan Festival Rumah Gizi menjadi salah satu model terhadap pencegahan stunting di Kota Tegal.

"Sekaligus sebagai pendorong bagi masyarakat untuk kerjasama dalam menurunkan angka stunting dan gizi buruk di Kota Tegal," tuturnya.

Sumber: Berbagai sumber