Budi Daya Ikan Dalam Ember, Jaga Kelentingan Pangan Masa Pandemi

13 Agustus 2020 14:09 WIB | dibaca 86

SAMARINDA - Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Kalimanan Timur ( LLHPB PWA KALTIM) menyelenggarakan pertemuan di masa pendami Covid-19. Pertemuan secara convensional (luring ) di aula Panti Asuhan Aisyiyah diselenggarakan dengan mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan. Di depan pintu panti disiapkan air dan sabun untuk mencuci tangan sebelum masuk Aula, seluruh  anggota LLHPB PWA dan warga ‘Aisyiyah datang tepat waktu, semua  yang hadir menggunakan masker, duduk dengan menjaga jarak dan tidak berjabat tangan.

Pertemuan yang diselenggarakan ini  mengundang 30 warga Aisyiyah dalam rangka sosialisasi  Budi  Daya Ikan Dalam Ember (Budidamber) dan sayuran di lingkungan rumah keluarga, sebagai solusi menjaga gizi keluarga.  Hadir dalam acara ini Ibu Hj.  Mariyam  ketua LLHPB sekaligus Manager Area, ibu Dra. Hj. Nurhayati Tappa ketua Program Keluarga, hadir Ketua PWA kaltim ibu Dra. Hj. Noor Hurriyati serta beberapa wakil ketua PWA Kaltim.

Dalam sambutannya ibu Nurhayati Tappa menyampaikan betapa pentingnya mentaati dan menjalankan protokol kesehatan pada setiap aktifitas sehari-hari, terutama dalam kodisi menghadiri acara seperti pertemuan ‘Aisyiyah hari ini. Selanjutnya Ibu Hj. Siti Maryam menyampaikan keprihatinan terhadap wabah Covid-19 ini, sudah hampir 8 bulan namun belum ada tanda-tanda akan berakhir. Sudah banyak korban yang meninggal dunia dan banyak masyarakat yang terkena nampaknya, baik secara psikolog, maupun ekonomi.  Kita tidak boleh pesimis atau putus asa tetapi kita harus terus berdoa dan berikhiyar semoga Wabah Covid-19 ini segera berakhir. Dalam rangka membantu masyarakat  yang terkena dampak,  LLHPB mempunyai banyak program, satu diantaranya adalah Program kelentingan Pangan keluarga dan Komunitas dalam bentuk  Pembuatan Budikdamber (budidaya ikan lele dalam ember) dengan bibit kangkung. Program ini diperuntukkan tiga puluh (30) keluarga di Samarinda dan panti asuhan terdiri dari enam puluh (60) anak asuh. Ibu Mariyam mengakhiri sambutannya dengan menyebutkan bahwa Program ini terlenggara atas kerjasama antar  PP ‘Aisyiyah dengan The Asia Foundation (TAF).  Ibu hj. Noor Hurriyati menyambut baik progam ini dan bersyukur diantara ibu-ibu 'Aisyiyah sudah ada yang memulai dengan memelihara ikan Lele, ikan Nila, ikan Gurami juga berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Narasumber pada acara sosialisasi ini adalah seorang penyuluh pertanian ibu Hj. Ekowati, yang juga sebagai sekretaris LLHPB PWA Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini LLHPB sekaligus membagikan secara simbolis Budikdamber Kit kepada perwakilan peserta secara seremonial oleh Ketua PWA Aisyiyah. Adapun data yang mendapatkan Budikdamber Kit adalah perwakilan PCA Se Kota Samarinda sebanyak 7 orang, Perwakilan PDA Kota Samarinda sebanyak 5 Orang, TK ABA Kota Samarinda sebanyak 2 orang, Perwakilan Panti Aisyiyah 3 orang dan beberapa  anggota PWA ‘Aisyiyah Kaltim. Total Budikdamber Kit yang dibagikan sebanyak 30 Kit.