Biro Konseling Keluarga Sakinah 'Aisyiyah Membangun Jejaring untuk Melakukan Pembinaan

30 Agustus 2017 22:52 WIB | dibaca 1640

Yogyakarta - Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) D.I. Yogyakarta telah memilih 11 cabang untuk menjadi pilot project bagi program Biro Konsultasi Keluarga Sakinah 'Aisyiyah (BIKKSA) yang diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan terkait keluarga, perempuan dan anak. Diungkapkan oleh Zulaikha Ketua PWA DIY bahwa pembentukan BIKKSA ini berdasarkan pada banyaknya masalah yang ditemukan mubalighat pada tingkat cabang dan ranting.

"Permasalahannya, saat ini keluarga - keluarga banyak yang ditemukan rapuh, baik terkait masalah ekonomi maupuan permasalahan komunikasi yang kurang harmonis. seperti yang kami temukan di gunung kidul permasalahan kekerasan pada perempuan dan anak, juga pernikahan dini masih sangat banyak, kamu berharap bukan hanya melihat namun ikut turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut," ungkap Zulaikha.

Zulaikha mengatakan bahwa kegiatan yang ada di BIKKSA bukan hanya melayani konseling namun juga pembinaan. Pembinaan dilakukan bersinergi dengan majelis-majelis. Seperti pelatihan pra-nikah nantinya akan bekerjasama dengan majelis tabligh.

"BIKKSA tentu tidak bekerja sendiri, nantinya akan bersinergi dengan program yang lainya misal untuk mendeteksi kejadian kekerasan pada anak bersinergi dengan GACA (Gerakan 'Aisyiyah Cinta Anak), juga pembinaan tentang kesehatan reproduksi, dan lain-lain. Kita tetap lakukan kerjasama lintas majelis, pemerintah dan banyak pihak, tidak berjalan sendiri," tutur Zulaikha. [Karima]