Bersama 'Aisyiyah, Pemdes Kalibening Mengesahkan Perdes Kespro

09 Januari 2018 11:51 WIB | dibaca 78

 

Senin (8/1) Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Magelang mendampingi Pemerintahan Desa Kalibening, Kecamatan Dukun dalam melakukan pengesahan Peraturabn Desa (Perdes) Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan Gizi Desa Kalibening. Terbitnya Perdes Kespro ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Program MAMPU - 'Aisyiyah Magelang dengan pemerintahan desa Kalibening. Disampaikan oleh Wulan selaku Koordinator MAMPU 'Aisyiyah Magelang bahwa kepala desa dan aparat desa sangat terbuka dan proaktif dalam menanggapi usulan 'Aisyiyah Magelang untuk meningkatkan kesehatan terutama kesehatan reproduksi masyarakat Kalibening, termasuk memutuskan untuk menerbitkan perdes kespro ini. "Dalam penyusunan perdes kespro ini 'Aisyiyah dan pemdes sudah bekerja bersama dalam waktu empat bulan ini, dimulai dari menggelar diskusi, penyusunan draft hingga kini pengesahan," ungkap Wulan.

Nurbiyanto selaku Kepala Desa Kalibening menyampaikan bahwa Perdes Kespro Gizi merupakan perdes yang ke-2 dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Kalibening. Menurutnya, penerbitan Perdes sangat penting bagi pemerintahan desa sebagai payung hukum bagi segala kebijakan yang akan dibuat. Ia berharap setelah adanya perdes kespro ini bisa meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan reproduksi. "Dari sini pemerintah desa bisa semakin meningkatkan kesehatan masyarakat, menghindari kasus kanker seperti kanker rahim dan sejenisnya serta bisa meningkatkan kesehatan anak dengan gizi yang cukup dehingga bisa menjadikan masyarakat yang cerdas membangun desa," ujar Nurbianto.

Pengesahan Perdes Kespro yang digelar di aula desa Kalibening ini dihadiri oleh sejumlah pihak seperti BPMD, Kecamatan, PKK, Puskesmas, Bidan Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat, tim PDA Magelang, kader Balai Sakinah 'Aisyiyah (BSA), serta masyarakat setempat. (Suri)