Bekerjasama dengan 'Aisyiyah, Puskemas Minasate'ne Raih Puskesmas Berprestasi

11 Desember 2017 20:43 WIB | dibaca 184


 

Puskesmas Minasate'ne sebagai salah satu Puskesmas yang bekerjasama dengan Program MAMPU 'Aisyiyah Pangkep berhasil mendapatkan juara satu dalam Lomba Puskesmas Berprestasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebagai kategori Puskesmas Pedesaan. Pemberian penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Minasate'ne Nurul Mukmin Bado bertepatan dengan upacara Hari Kesehatan Nasional 2017 ke-53 (12/11) di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan.

Lomba yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan ini menilai Puskesmas yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan yang menjadikan kinerja serta program sebagai kriteria penilaian baik itu program wajib, program pengembangan maupun program inovasi. Disampaikan oleh Nurul salah satu nilai tambah dari Puskesmas Minasate'ne adalah adanya program pengembangan dan inovasi yang cukup bagus serta berbasis lingkungan. "Program inovasi kami antara lain bank sampah, biokompos, posyandu usila terpadu dengan program lain, Simpus atau Sistem Informasi Manajemen Puskesmas, serta paliatif care yg bekerjasama dengan MAMPU 'Aisyiyah Kabupaten Pangkep," ujar Nurul.


Diakui oleh Nurul bahwa kerjasama dengan MAMPU 'Aisyiyah Pangkep sangat memberi nilai positif bagi Puskesmas Minasate'ne untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Minasate'ne termasuk dalam pengembangan layanan paliatif care yang menjadi salah satu inovasi di Puskesmas.


Menurut Rohani selaku Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah Pangkep kerjasama 'Aisyiyah dengan Puskesmas Minasate'ne memang sangat bagus dan Puskesmas dengan terbuka menerima usulan dan saran yang disampaikan oleh tim MAMPU 'Aisyiyah. "Tahun depan insha Allah Puskesmas Minasate'ne juga akan siap melakukan pelayanan kesehatan berbasis Umpan Balik, sebagai salah satu puskesmas pilot program Mekanisme Umpan Balik 'Aisyiyah MAMPU," ujar Nhany.

Atas penghargaan yang diraih ini, Nurul mengingatkan segenap tim di Puskesmas agar tidak terlalu berbangga tetapi justru terus melihat permasalahan yang ada di masyarakat untuk bisa mengembangkan layanan yang ada di Puskesmas. Nurul juga berharap agar kerjasama yang sudah terjalin dengan 'Aisyiyah Pangkep bisa terus berlanjut dan untuk pendampingan paliatif care bisa meluas ke berbagai penyakit lainnya. (Suri)