Asah Jiwa Sosial, 'Aisyiyah Mojogedang Adakan Kajian, Tasyaruf, dan Bakti Sosial

03 Februari 2020 13:03 WIB | dibaca 226

Karanganyar -- 'Aisyiyah Karanganyar tepatnya Pimpinan Ranting 'Aisyiyah (PRA) Kaliboto bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PCM/A) Mojogedang adakan kegiatan Ahad (2/2) pagi. Kegiatan tersebut diisi dengan kajian, tasyaruf, dan bakti sosial.

Hal tersebut dilakukan untuk mengasah jiwa sosial masyarakat sekitar Kaliboto terutama para remaja. Pengajian yang disampaikan oleh Ustadz Ismail mengambil tema "Pengertian, Makna, dan Manfaat Mengucap Salam." Jamaah pengajian yang diisi dari berbagai usia tersebut tampak menyimak dengan seksama.

Ustadz Ismail menyampaikan bahwa memberi dan menjawab salam kepada sesama muslim membuahkan pahala, seperti yang dikatakan dalam sebuah hadits.

Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu `Alaihi Wa Sallam dan mengucap "Assalamu'alaikum", Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda : "10 pahala", setelah itu ada orang lain yang datang dan mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum Warahmatullah". Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda : "Dua puluh pahala". Setelah itu ada orang yang datang dan mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh", beliau membalas salam orang tersebut kemudian orang itu duduk. Beliau lalu bersabda : "Tiga puluh". (HR. Abu Daud no. 5195, At - Tirmizi no. 2689, dan Al Hafizh berkata dalam Al Fath 5/11),".

Kemudian pengajian dilanjutkan dengan kegiatan tasyaruf dan bakti sosial di lingkingan Balai Desa Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar.

Sumber: karanganyar.aisyiyah.or.id