'Aisyiyah Penuhi Undangan Pertemuan Raja Salman dengan Para Ulama di Istana Kepresidenan

03 Maret 2017 16:18 WIB | dibaca 4404

 

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang telah tiba ke Indonesia sejak Rabu(1/3) menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh Islam Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (2/3) siang bersama Presiden Joko Widodo.

Aisyiyah turut hadir dalam undangan tersebut yang diwakilkan oleh Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Masyitoh Chusnan.  Undangan diberikan pada 34 orang ulama dari sejumlah pondok pesantren dan organisasi Islam, yang ada di Indonesia.

Masyitoh mengatakan, pertemuan tersebut  digelar tertutup di dalam istana. Dalam pertemuan tersebut hanya tiga orang perwakilan yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya di depan Raja Salman. Yaitu Ketua Umum MUI KH Ma'aruf Amin, Ketua MUI Jawa Tengah Habib Luthfi bin Yahya, dan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas.

Terdapat 3  kesimpulan dalam pertemuan tersebut yaitu, Pertama, yaitu mengenai  misi perdamaian. Tiga ulama perwakilan menyampaikan harapan mereka agar Indonesia dan Arab Saudi dapat bersama-sama melakukan upaya moderasi untuk mencegah tindakan ekstremis dan aksi terorisme dalam rangka menjaga perdamaian, khususnya di negara-negara Islam.

Kedua yaitu terkait, kerja sama di dua bidang. Tak hanya kompak menjaga perdamaian, para ulama juga berharap agar pemerintah Arab Saudi bersedia bekerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan. Misalnya dengan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pendidikan di beberapa universitas serta lembaga pelatihan bahasa Arab di Indonesia, dan pengembangan metode kesehatan di rumah sakit.

Ketiga, kesamaan akidah. Dalam pertemuan itu Raja Salman menyebut hubungan Indonesia dan Arab Saudi diikat oleh akidah yang sama. Sang raja mengimbau agar solidaritas di Indonesia selalu terjaga.

Usai pertemuan, Raja Salman dan Presiden Jokowi berfoto bersama dengan para ulama yang hadir. [Karima]