'Aisyiyah Pangkep Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Di Tingkat Puskesmas

03 Februari 2020 15:11 WIB | dibaca 253

Pangkep -- Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Pangkep melalui program MAMPU bekerjasama dengan Puskesmas Bonto Perak melaksanakan kegiatan Umpan Balik Layanan Kesehatan untuk peningkatan Kualitas Layanan di Puskesmas pada (29/1) lalu. Umpan Balik ini guna mengumpulkan saran dan masukan Perbaikan terkait Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bonto Perak yang berada di Kecamatan Pangkajene.

Puskesmas Bonto Perak merupakan Puskesmas ke-6 yang bekerjasama dengan ‘Aisyiyah Pangkep untuk Pelaksanaan Umpan Balik Layanan Kesehatan dengan menggunakan Aplikasi Andorid Kobotoolbox Tim Solidaritas. Sebelumnya pada 2017-2018 ‘Aisyiyah bersama Tim Solidaritas mendampingi Pelaksanaan Umpan Balik untuk 2 puskesmas yakni Puskesmas Minasate’ne Kecamatan Minasate’ne dan Bowong Cindea kecamatan Bungoro Serta 3 Puskesmas Pembelajar Puskesmas Pundata Baji Kecamatan Labakkkang, Bantimala Kecamatan Tondong Tallasa untuk Wilayah Pegunungan dan Balang Lompo Kecamatan Liukang Tupabiring mewakili Wilayah Kepulauan.

Dihadiri langsung Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pangkep Dr. Indryati Latief., M.Kes. Ia mengapresiasi kerja ‘Aisyiyah Pangkeo yang telah banyak membantu kerja-kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep dalam melakukan pendampingan di Puskesmas terutama dalam Perbaikan Layanan Kesehatan. Harapannya Puskesmas berkomitmen melaksanakan dan melakukan Perbaikan Layanan sebagaimana hasil analisis Umpan Balik yang telah diperoleh.

Kegiatan Umpan Balik Layanan Kesehatan Puskesmas Bonto Perak ini telah memasuki Tahapan Analisis data setelah sebelumnya dilakukan FGD Umpan Balik melibatkan Tokoh masyarakat dan kader, Penyusunan Instrumen, Uji Coba Instrumen sampai dengan pengambilan data Umpan balik selama 2 minggu  dengan 164 Responden. Dari Workshop Hasil analisis data Umpan Balik ini telah disusun rencana aksi yang akan dilakukan Puskesmas untuk perbaikan selama 3 bulan kedepan.

Sumber: pangkep.aisyiyah.or.id