'Aisyiyah, Organisasi Perempuan yang Punya Kepedulian Tinggi Kepada Negeri

26 Desember 2018 10:36 WIB | dibaca 238

KUPANG – ‘Aisyiyah merupakan komunitas perempuan yang memiliki kepedulian tinggi kepada negeri. Organisasi perempuan persyarikatan Muhammadiyah ini secara serius dan terorganisasi bekerja untuk pemberdayaan masyarakat di pelbagai bidang kehidupan.

Hal ini diungkapkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTT, Mustain, saat membuka Rapat dan Up Grading Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) NTT, di Aula Universitas Muhammadiyah, Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, Sabtu (22/12) pagi.

“Saya sendiri tidak segan-segan untuk menyampaikan hal ini dalam pembicaraan di forum-forum resmi”, katanya.

Lebih dari itu, ia mengatakan, ‘Aisyiyah kini menjadi teladan bagi perserikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu, ia berpesan ‘Aisyiyah perlu menjaga marwah organisasi agar komitmen dan kepedulian terhadap negeri itu tetap terjaga.

“Orang beramal itu hasilnya nanti baru dirasakan. Kita menafkahkan harta ini untuk Allah. Jadi, sejak junior harus sudah ditanamkan rasa keikhlasan.”

Sebagai orang minoritas di NTT, lanjut Mustain, ‘Aisyiyah harus bisa memberi kemaslahatan bagi orang banyak. Khusus untuk anggota organisasi, ia meminta mereka untuk meningkatkan kesadaran akan pemberdayaan komunitas. Di samping itu, kesadaran akan pentingnya pendidikan juga harus ditanamkan di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Yang punya potensi besar mendidik kader adalah ibu-ibu”, ungkapnya seraya menekankan pentingnya kaderisasi.

Sementara itu, PWA NTT, Kamsina Kewa, mengakui kalau selama ini masih ada kendala dalam pelaksanaan program terutama pada tingkat Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA).

Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pemahaman pimpinan organisasi tentang bagaimana menjalankan roda organisasi. Demikian juga, lanjutnya, masih ada permasalahan pengelolaan amal usaha yang belum sesuai kaidah.

Berdasarkan masalah dan kendala ini, menurutnya, rapat dan up grading ini mengambil tema Peningkatan Kompetensi Pimpinan Menuju Pengelolaan Organisasi dan Amal Usaha yang Berkualitas.

Kegiatan ini sangat penting karena materi bukan hanya teori tetapi juga praktik. Ia menjamin para peserta akan mendapat tambahan ilmu dan wawasan terkait tugas yang diemban. Ketua panitia, Suwaibah Kapa, melaporkan para peserta yang hadir berasal dari semua PDA/PCA di seluruh kabupaten/kota di NTT. Rapat ini berlangsung sejak 22-24 Desember 2018.

PWM NTT, Mustain saat memberi amanat pembukaan Rapat dan Up Grading PWA NTT, di Aula Universitas Muhammadiyah, Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, Sabtu (22/12).

Sumber: (POS KUPANG.com/Ricko Wawo-)

http://kupang.tribunnews.com/2018/12/24/aisyiyah-komunitas-perempuan-yang-punya-kepedulian-tinggi-kepada-negeri