'Aisyiyah Menerima Penghargaan Pangaji Danadyaksa oleh Gerakan Beli Indonesia

15 Oktober 2016 13:33 WIB | dibaca 970

‘Aisyiyah menerima  penghargaan yang diberikan Gerakan Beli Indonesia.Terkait dengan  ‘Aisyiyah sebagaiorganisasi yang berpihak pada pengentasan kemiskinan. Gerakan Beli Indonesia dan ‘Aisyiyah memiliki pemikiran yang sama dalam membangun bangsa dari sisi Nasionalisme dengan maksud lebih membangun Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih produktif. ‘Aisyiyah menerima penghargaanPangaji Danadyaksayang diwakili oleh Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Dra. Hj. Latifah Iskandar, Pada Kongres kedua Gerakan Beli Indonesia yang dilangsungkan pada 3-5 Oktober 2016 di SMESCO Jakarta.

Sejak pertemuan dengan Gerakan Beli Indonesia pada tahun 2012, ‘Aisyiyah kembali bersemangat untuk memajukan kehidupan masyarakat khususnya dalam pengentasan kemiskinan dengan memberdayakan ekonomi rakyat kecil dan menengah serta pengembangan ekonomi kerakyatan keluarga besar ‘Aisyiyah sendiri.

Gerakan Beli Indonesia merupakan gerakan yang hadir untuk membangun karakter bangsa. Karakter yang dibangun adalah Nasionalisme, yang dapat hilang di era globalisasi saat ini jika tidak dicegah. Nasionalisme itu dibangun untuk menguatkan ciri khas sebuah bangsa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun dan menguatkan karakter bangsa dari sisi Nasionalisme ini.

Pangaji Danadyaksa adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada institusi, komunitas, atau organisasi kemasyarakatan yang bekerja dengan visi kemandirian ekonomi anak bangsa melalui program-program yang mampu menumbuhkan sikap pembelaan terhadap produk sendiri serta memunculkan karakter nasionalisme ekonomi.

“Aisyiyah dengan BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah) itu kekuatannya di keluarga dan di kelompok. Kelompok itu orientasinya keluarga. Kalau keluarga kuat insyaAllah bangsa ini akan kuat. Kekuatan kelompok melalui keluarga ini membangun pondasi, membangun karakter keluarga indonesia melalui langkah-langkah ekonomi yang dilakukan oleh kita semua. ‘Aisyiyah dinilai istiqomah melakukan hal tersebut sehingga dipandang sebagai ormas yang memandirikan bangsa dalam semua aktifitasnya. Mereka mengapresiasi produk yang dihasilkan kelompok aisyiyah, yaitu produk deterjen Melin dari kelompok BUEKA”, UngkapLatifah. [NKA]