'Aisyiyah Memberikan Beasiswa untuk Guru PAUD/TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal

19 September 2016 14:00 WIB | dibaca 4191

 

Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) memang sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan masyarakat, hal tersebut memberi pertanda bahwa masyarakat sudah mulai sadar pentingnya pendidikan sejak dini pada anak-anak mereka. Menurut Ketua Pimpinan Pusat 'Aisyiyah Susilaningsih bahwa sudah sejak awal didirikannya, 'Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muslim sudah peduli pada pendidikan anak dengan mendirikannya PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK) 'Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), bahwa pendidikan anak usia dini itu penting, karena di usia inilah anak membentuk pendidikan yang paling bagus.

Namun, pada kenyataannya menurut sekertaris Pimpinan Pusat 'Aisyiyah Tri Hastuti, banyak guru PAUD/TK yang masih lulusan SMA, padahal sangat diperlukan untuk memiliki kompetensi tersendiri untuk mengajar siswa PAUD/TK agar dapat membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai tingkat perkembangannya. berdasarkan latar belakang tersebut, 'Aisyiyah bekerjasama dengan Wardah Cosmetics dan Lazismu memberikan Beasiswa S1 PAUD untuk guru PAUD/TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal. 

"Sebagian besar guru-guru PAUD/TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal di beberapa daerah masih berpendidikan setingkat SMA terutama di daerah-daerah yang tertinggal laju pertumbuhan pembangunannya," Ungkap Tri Hastuti. Beasiswa ini diberikan terkait dengan kepedulian guru-guru tersebut untuk terus mengabdi, Tri hastuti menambahkan bahwa beasiswa ini diberikan karena melihat bahwa para guru PAUD memiliki jiwa dakwah amar makruf nahi mungkar dan keinginan untuk membantu keluarga yang tidak memiliki akses mendapatkan pendidikan PAUD menjadi salah faktor para guru mengabdikan diri di PAUD/TK ABA dalam kondisi apapun.

Selain itu, Tri mengungkapkan latar belakang diberikannya beasiswa ini karena ternyata Ketiadaan akses menyebabkan para guru PAUD/TK ABA tidak dapat mengakses pendidikan yang lebih tinggi sehingga mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. "Sementara itu peningkatan kompetensi pembelajaran di PAUD/TK harus mengikuti model-model pembelajaran yang sudah berkembang cukup pesat. Nah, itu lah alasan mengapa beasiswa ini menjadi penting untuk diberikan," Tambah, Tri Hastuti.

Tri menjelaskan, tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru TK ABA dalam proses belajar mengajar di PAUD, meningkatkan strata kependidikan guru TK ABA pada jenjang S1 PAUD, meningkatkan komitmen untuk pengabdian dan dakwah melalui ‘Aisyiyah. (NKA)