'Aisyiyah MAMPU Dukung Penguatan Ekonomi Kelompok Perempuan di 15 Kab/Kota

10 September 2020 16:12 WIB | dibaca 106

“Perempuan yang berdaya secara ekonomi akan meningkatkan posisi tawar dalam keluarga dan publik.” Hal tersebut disampaikan oleh Tri Hastuti Nur Rochimah selaku Koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah sekaligus Sekretaris Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

Sebagai organisasi yang memiliki keberpihakan pada kelompok-kelompok marginal, ‘Aisyiyah memiliki misi dakwah melalui pemberdayaan ekonomi perempuan. Termasuk dalam situasi pandemik saat ini, ‘Aisyiyah terus mendukung potensi perempuan sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian keluarga. Oleh karena itu, ‘Aisyiyah melalui program MAMPU memberikan dukungan peralatan perekonomian untuk kelompok Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (BUEKA) di 15 Kabupaten/Kota.

Bantuan yang mulai didistribusikan pada bulan April 2020 ini dilaksanakan di Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Blitar, Kota Tegal, Kabupaten Cianjur, Kabuoaten Cirebon, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Magelang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Mamuju. Disampaikan oleh Tri, bantuan yang diberikan adalah ragam alat produksi yang disesuaikan dengan kegiatan ekonomi yang digeluti oleh masing-masing kelompok seperti kompor, sealer, oven, mixer, hingga bibit serta alat pertanian.

Dari dukungan peralatan yang diberikan ini Tri berharap agar kelompok ekonomi perempuan dapat semakin menguatkan kegiatan ekonomi yang dilakukan dan nantinya dapat semakin meningkatkan perekonomian keluarga mereka. Selama ini ‘Aisyiyah menurut Tri terus berkarya mewujudkan komitmen melalui pemberdayaan ekonomi dengan penguatan kelompok-kelompok ekonomi berbasis keluarga dan komunitas.

Sri Ratna Istiqomah, Koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah Kabupaten Cirebon menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah Cirebon sudah melakukan distribusi bantuan alat ekonomi ini pada bulan Juli 2020. Ia berharap melalui bantuan ini usaha mikro yang dilakukan kelompok BUEKA dampingan ‘Aisyiyah Cirebon akan semakin berdaya. “Kami berharap bantuan ini dapat mendorong  usaha mikro untuk tetap berdaya dan eksis, terlebih di masa Covid saat ini dengan kondisi ekonomi yang sangat sulit yang berimbas pada semua sektor kehidupan.” (Suri)