'Aisyiyah - MAMPU Dorong Penguatan Kepemimpinan Remaja

04 Agustus 2019 07:02 WIB | dibaca 79

 
Sabtu (3/8) delapan remaja dampingan ‘Aisyiyah bersama 25 remaja lain mengikuti kegiatan Youth Health Forum 2019 yang di gelar di daerah Menteng, Jakarta. Acara yang bertema ‘Anak Muda Berani Bersuara untuk Akses dan Kualitas Layanan Kesehatan yang Lebih Baik” merupakan upaya Program MAMPU bersama mitranya yakni ‘Aisyiyah, Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP), dan Permampu untuk mendukung kelompok muda secara aktif terlibat dalam upaya mempengaruhi peningkatkan kualitas dan akses mereka terhadap layanan kesehatan reproduksi di wilayah masing-masing.
 
Dalam sambutannya, Team Leader Program MAMPU, Kate Shanahan menyampaikan bahwa acara ini bisa menjadi ruang aman bagi para peserta dan mendukung penguatan kapasitas pemuda terpilih. “Ini termasuk mendorong para pemuda untuk mengkomunikasikan pendapat mereka kepada pemangku kepentingan terkait,” ungkap Kate. Ia juga menyampaikan bahwa dengan peserta yang beragam dari 15 Provinsi dan 23 Kabupaten di Indonesia, MAMPU sangat menghargai keberagaman nilai dan pengalaman peserta. “Saya kita semua dapat memetik pelajaran berharga dari kegiatan ini untuk diterapkan sesuai dengan nilai pribadi dan nilai kelompoknya masing-masing pada saat kembali ke daerah, dan saling menghargai perbedaan yang ada selama kegiatan ini berlangsung.”
 
Kate menyampaikan bahwa Youth Health Forum sendiri merupakan kegiatan perdana dari program dan Mitra MAMPU yang melibatkan kelompok muda secara langsung untuk penguatan advokasi dan kampanye tentang isu-isu kesehatan yang menjadi perhatian anak muda. “Acara seperti ini harus digiatkan apalagi jika kita ingin memunculkan pemimpin dari anak-anak muda.” 
 
  
 
Dede Dwi Kurniasih selaku pendamping dari peserta ‘Aisyiyah menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah sangat merespon positif kegiatan ini. “Anak muda merupakan potensi yang besar untuk mewujudkan perubahan menuju arah lebih baik.” Menurutnya kelompok muda harus terus didorong dan diberikan ruang untuk mampu menyuarakan pendapat mereka. “Semoga forum ini merupakan momentum bagi kaum muda agar semakin berani menyuarakan gagasan mereka dalam mengatasi problem HKSR yang menjadi penyumbang masalah SDG’s dan Indeks pembangunan Manusia.”
 
Acara yang berlangsung selama tiga hari ini (3-5/8) juga akan melakukan kunjungan ke kantor pemerintahan yakni Bappenas dan BKKBN. Diharapkan para peserta akan memiliki pengalaman berharga bertemu dan berbicara langsung serta menyampaikan pendapat kepada pemangku kebijakan. 
 
Regina Vytha, peserta dampingan 'Aisyiyah dari Mempawah, Kalimantan Barat berharap ia dapat membagikan pengetahuan HKSR yang didapatnya di Youth Health Forum ini kepada teman-teman di Mempawah. "Para remaja di Mempawah perlu mendapatkan pengetahuan terkait HKSR ini, saya berharap dengan begitu bisa membantu megatasi berbagai permasalahan remaja seperti pernikahan usia anak juga dampak pergaulan bebas."
 
Selamat belajar kepada para “Agen Perubahan,” semoga kegiatan ini mendorong anak muda untuk berkontribusi lebh demi masa depan pemenuhan HKSR remaja dan perempuan yang lebih baik. (Suri)