'Aisyiyah Kabupaten Cirebon Gelar Sosialisasi Grass (Gerakan 'Aisyiyah Sehat)

10 September 2019 14:14 WIB | dibaca 271

 

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Cirebon menggelar Sosialisasi Gerakan Aisyiyah Sehat (Grass) di Gedung Olahraga Sampiran Desa Sampiran Kecamatan Talun dengan tema “Pencegahan Stunting dan Bijak Konsumsi Susu Kental Manis (SKM) Dalam Upaya Mempersiapkan Generasi Emas 2045”, pada Sabtu (07/09).

Panitia Penyelenggara Sri Ratna Istiqomah, sekaligus Wakil Ketua PDA Kabupaten Cirebon menyampaikan, bahwa Gerakan ‘Aisyiyah Sehat ini bertujuan memberikan pencerahan kepada masyarakat terutama masalah stunting. “Kami dari ‘Aisyiyah sudah berkomitmen untuk fokus pada masalah pencegahan stunting dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pada ibu-ibu di 21 desa di Cirebon.” Sri Ratna berharap melalui kegiatan ini ‘Aisyiyah akan membantu Kabupaten Cirebon terbebas dari stunting, karena Kabupaten Cirebon berada diurutan kedua untuk angka stunting di Jawa Barat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Edi Susanto mengapresiasi PDA Kab.Cirebon yang telah membina dan mengedukasi para ibu di Desa Sampiran tentang kesehatan reproduksi, pencegahan stunting dan lainnya. Edi menyampaikan bahwa pihaknya akan memperluas jaringan pembinaan tersebut melalui puskesmas dalam promosi kesehatan.

Selain itu, Edy menegaskan, pemahaman masyarakat harus terus mengalami perubahan terutama mengenai susu kental manis atau SKM, karena SKM bukanlah susu sehingga harus bijak mengkonsumsinya. Ia menambahkan bahwa pengganti dari SKM itu sangat mudah karena para ibu bisa mengkonsumsi protein hewani dan kacang hijau dan program gizi seimbang melalui isi piringku, melingkup sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran dan sepertiga lauk pauk serta buah-buahan.