'Aisyiyah Jawa Tengah Adakan Orientasi Kader 'Aisyiyah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

22 November 2017 17:32 WIB | dibaca 1043

Yogyakarta -  Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah adakan Orientasi Kader 'Aisyiyah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Diungkapkan oleh Ketua PWA Jateng Ummul Baroroh program GERMAS ini dalah wuud peran 'Aisyiyah dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat untuk Indonesia berkemajuan. Untuk program GERMAS yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan ini, 'Aisyiyah memiliki dua wilayah sebagai Pilot Project yaitu PWA Jawa Tengah dan Sumatera Selatan.

Dalam pembukaan acara tersebut Ketua Majelis Kesehatan PWA Jawa Tengah Sri Rejeki mengungkapkan bahwa untuk program GERMAS ini diikuti oleh 6 daerah. Setiap daerah diwakilkan oleh ketua majelis kesehatan PDA. Majelis DIKDASMEN, Majelis Tabligh, Ketua IGABA, dan Nasyiatul 'Aisyiyah setempat. Diungkapkan oleh Sri bahwa kegiatan tersebut akan dilakukan dua kali dalam satu minggu berupa pendampingan untuk hidup sehat menuju keluarga sakinah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aiysiyah Siti Noordjanah Djohantini, dalam pengarahannya mengungkapkan bahwa GERMAS tidak lepas dari perhatian saat 'Aisyiyah ikut bersama dengan pemerintah, atupun baik sendiri atau bersama komunitas lainnya untuk mensukseskan SDGs yang sudah sangat akrab di telinga para warga 'Aisyiyah.

"Maka dari itu, 'Aisyiyah memang sudah seharusnya bukan hanya mengkampanyekan untuk hidup sehat, kita bukan hanya pada taraf menytampaikan. Namun haruslah mendampingi untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat untuk menuju keluarga yang sakinah," ungkap Noor.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Agus Tri Cahyono yang mewakili dinas kesehatan. Dalam pemaparannya ia mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan juga menjadikan kesehatan keluiarga sebagai program prioritas saat ini.

Agus mengharapkan kemitraan dengan 'Aisyiyah yang sudah sejak 2010 akan terus menguat. karena 'Aisyiyah sudah terbukti memiliki pencapaian yang baik dalam ptomosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan. [Karima]