Aisyiyah Ikuti ICFP di Nusa Dua Bali

03 Februari 2016 17:13 WIB | dibaca 924

Sekretaris PP ‘Aisyiyah, Tri Hastuti saat melakukan presentasi dalam Konferensi Internasional
Keluarga Berencana di Nusa Dua, Bali (Foto : Dok Pribadi)

 

Yogyakarta- ‘Aisyiyah menjadi salah satu organisasi keagamaan yang turut serta hadir dalam Konferensi Internasional Keluarga Berencana (ICPF) yang berlangsung di Nusa Dua Bali dari 25-28 Januari 2016. Menurut Sekretaris PP ‘Aisyiyah Tri Hastuti yang hadir dalam acara, ‘Aisyiyah dan organisasi keagamaan dari berbagai negara akan berpartisipasi aktif dalam implementasi agenda keluarga berencana. “Terutama dalam agenda SDG’s pasca 2015. Semua akan terlibat dalam level nasional dan internasional,” ujar Tri.

Tri menambahkan, tujuan pertemuan tersebut ke depan adalah untuk memperkuat dan mengembangkan hubungan dan kerjasama antara pemimpin agama, organisasi keagamaan dalam mendorong implementasi program keluarga berencana.

Terkait program keluarga berencana, menurut Tri selama ini ‘Aisyiyah-Muhammadiyah sudah menuangkannya dalam konsep keluarga sakinah di mana keluarga berencana bukan bertujuan untuk pembatasan jumlah anak, namun untuk membangun ketahanan keluarga dan kesejahteraan keluarga.

“Maka melalui keluarga berencana akan ada perencanaan keluarga termasuk pengaturan kehamilan dan kesetaraan relasi antara laki-laki dan perempuan dalam pengaturan keluarga,” kata Tri dalam presentasi yang disampaikan di hadapan peserta ICPF.

Untuk mencapai suksesnya program keluarga berencana, Tri menambahkan pentingnya melihat isu keluarga berencana dari berbagai sudut. “Keluarga Berencana bukan (dilihat) hanya sebagai masalah kesehatan, tapi juga terkait politik, ekonomi, dan lain sebagainya,” tandas Tri. (Mids)