'Aisyiyah Giatkan Baitul Arqom untuk Kuatkan Ideologi Kemuhammadiyahan

25 April 2019 18:16 WIB | dibaca 598

 
YOGYAKARTA -- 51 orang dari 26 Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah se Indonesia menghadiri "Gerakan Seribu Baitul Arqom sebagai Risalah Pencerahan untuk Generasi Berkemajuan " yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat 'Aisyiyah Majelis Pembinaan Kader dan Mejelis Pendidikan Dasar dan Menengah di Aula Wisma PU Kotagede, Yogyakarta (25-27/4).
 
Dalam sambutannya, Fitni Wilis selaku Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat 'Aisyiyah menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menguatkan ideologi Muhammadiyah 'Aisyiyah bagi segenap pimpinan wilayah, pimpinan daerah, kepala sekolah serta para guru melalui kegiatan Baitul Arqom.
 
Salmah Orbayinah, selaku Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat 'Aisyiyah menyampaikan Muhammadiyah dan 'Aisyiyah berusaha mengaktualisasikan Islam berkemajuan dengan menghadirkan Islam sebagai agama pencerahan. "Pengaktualisasian Islam Berkemajuan ini harus tercermin dalam kegiatan perkaderan yang dilakukan 'Aisyiyah agar melahirkan kader-kader 'Aisyiyah berkemajuan."
 
Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini dalam keynote speech menyampaikan mengapresiasi seluruh partisipasi dari para pimpinan 'Aisyiyah Wilayah dan Daerah dalam kegiatan meski dengan berbagai hambatan dan tantangan. "Amal usaha di persyarikatan dan 'Aisyiyah menjadi pilar penyangga dakwah. Dari sinilah kepercayaan masyarakat semakin tinggi kepada Muhammadiyah dan 'Aisyiyah." Noordjannah meminta semua untuk memperkuat karakter pada pendidikan formal, informal dan non formal sehingga harus ditemukan pembeda gerakan 'Aisyiyah dibanding yang lain. 
 
 
Forum ini diharapkan menjadi pendalaman atas berbagai pengalaman yang sudah dimiliki Baitul Arqom. Arahnya adalah akselerasi dan massifikasi gerakan 'Aisyiyah yang memiliki struktur dan SDM sampai ke grassroot dari ujung barat ke timur Indonesia. Harapannya dari acara ini agar kedepannya segenap pimpinan dan pengelola instansi pendidikan dapat mengelola pendidikan dasar dan menengah dengan spirit Islam Berkemajuan. (Suri)