'Aisyiyah Giat Tambah Desa Peduli Kespro

04 Oktober 2017 22:10 WIB | dibaca 78

 

Kepedulian atas kesehatan reproduksi (kespro) bukan hanya menjadi perhatian kaum perempuan saja tetapi harus menjadi perhatian semua pihak. Baik dari masyarakat umum juga pemangku kepentingan. Karena itu adalah penting memasukan isu kespro kedalam kebijakan pemerintah. Dalam rangka memperbanyak desa peduli kespro, ‘Aisyiyah berinisiatif mengadakan Forum Belajar Implementasi Undang-Undang Desa yang bekerjasama dengan kepala-kepala desa dan dinas terkait.

Salah satu kegiatannya sudah dilaksanakan di Kabupaten Cianjur pada Rabu (20/9) di aula kantor DPMD (sebelumnya bernama BPMPD), Cianjur. Dengan fasilitator adalah bapak Asep selaku kepala DPMD, acara berlangsung dengan saling berbagi best practice dari kades-kades terkait UU desa. Terutama kades desa Ciwalen atas dampingan MAMPU 'Aisyiyah Cianjur sudah memiliki Peraturan Desa terkait Kesehatan Reproduksi (Perdes Kespro).

Disampaikan oleh Febriyanti Firdiyayusi selaku Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah bahwa hasil positif didapat dari kegiatan tersebut. "Alhamdulillah Perdes Kespro desa Ciwalen mendapat apresiasi oleh BPMD, BAPPEDA dan Dinkes Cianjur." Bahkan ditambahkan oleh Febri,  Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur akan membentuk tim advokasi anggaran dana desa untuk kesehatan.

Setelah mendengarkan pemaparan terkait Perdes Kespro, beberapa kades juga menyatakan keinginan agar desa mereka bisa didampingi oleh 'Aisyiyah dalam pembuatan Perdes Kespro. Febri melanjutkan bahwa Perdes Kespro Desa Ciwalen menjadi pilot project bagi desa yang lain, baik yang dalam dampingan 'Aisyiyah MAMPU maupun desa di luar program. "Dalam waktu dekat ini kami akan mendampingi Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang dan Desa Ciranjang." ujar Febri. (Suri)