'Aisyiyah Gelar Kompetisi Video Pendek Berhadiah Total 25Juta

02 November 2016 13:32 WIB | dibaca 2462

 

Dalam rangka untuk memasyarakatkan pentingnya pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi maka Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bekerjasama dengan UNISA (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta) mengadakan kompetisi video pendek dengan tema “Pentingnya Kesehatan Reproduksi Bagi Perempuan.”

“Harapan dari kompetisi ini adalah agar perempuan dan laki-laki memahami tentang hak-hak kesehatan reproduksi, dan menyadari pentingnya pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi tersebut.” Demikian ungkap Hajarnur Setyawati selaku perwakilan dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

Hajar menambahkan bahwa “ 'Aisyiyah melihat bahwa materi sosialisasi kespro dalam bentuk audio visual masih minim, sedangkan materi sosialisasi dalam bentuk audio visual sebenarnya akan lebih dipahami oleh masyarakat.”

Diharapkan juga kompetisi video pendek ini bisa menumbuhkan kesadaran kesehatan reproduksi di kalangan anak muda pada khususnya. Itulah alasan ‘Aisyiyah membidik peserta dari kalangan mahasiswa aktif dari seluruh Indonesia.

Dengan periode pendaftaran dan pengumpulan video yang cukup lama yakni 8 Agustus s/d 19 November 2016 , dan kali ini dibuka lagi untuk periode kedua yaitu hingga 10 Desember 2016 diharapkan para peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 video dari beberapa topik yang sudah ditentukan oleh panitia. Topik tersebut yakni ajakan bagi para perempuan dan laki-laki untuk lebih tahu tentang dan memeriksakan dirinya atas resiko kanker payudaradan kanker serviks. Kemudian ajakan bagi perempuan dan laki-laki untuk lebih tahu tentang menyusui dengan ASI Eksklusif; Suami dan Keluarga Peduli ASI; Perjuangan Ibu, Menggunakan alat-alat kontrasepsi (KB) yang tepat bagi tubuhnya, Suami ber-KB, Fasilitas Kesehatan Ramah Perempuandan Pencegahan Pernikahan Dini.

Untuk mengikuti kompetisi video ini calon peserta tidak dipungut biaya apapun. Peserta hanya cukup mengirimkan terlebih dahulu formulir pendaftaran yang bisa di unduh di http://www.aisyiyah.or.id/ dan mengikuti secara tepat semua syarat dan ketentuan kompetisi yang juga bisa di lihat di website ‘Aisyiyah tersebut.

Semua video yang masuk kemudian akan dipilih 3 video terbaik dan 1 video favorit oleh dewan juri. Dimana dewan juri terdiri darikalanganakademisi, praktisi/videomaker dan produser/sutradara.  Tak tanggung-tanggung hadiah utama senilai Rp 10.000.000,- beserta piagam dan trophyakan diberikan kepada Juara Terbaik I dengan total hadiah yang diberikan secara keseluruhan adalah Rp.25.000.000,-. (Putri)