‘AISYIYAH EDUCATION EXPO : Semarakkan Milad 100 tahun TK ABA

26 Oktober 2019 16:21 WIB | dibaca 211

Yogyakarta -- Dalam rangka menyemarakkan Milad 100 tahun Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA), Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan ‘Aisyiyah Education Expo di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada tanggal 26-27 Oktober 2019. Agenda acaranya terdiri dari Senam Anak, Pembukaan Stand, dan penampilan seni yang dibalut dalam Panggung Gembira..

Kegiatan dengan tema “Berkhidmat untuk Negeri ” ini telah terangkai sejakApril 2019 lalu. Acara demi acara terus dilakukan sampai saat ini. Kegiatan yang disingkat AEE disemarakkan oleh perwakilan TK ABA dan Ikatan Guru TK ABA (IGABA) se-Kota Yogyakarta, di antaranya TK ABA dari 14 Cabang ‘Aisyiyah dan juga 10 SD yang ikut berpartisipasi pada stand dan Panggung Gembira. Menurut penjelasan Nur Asriyah, Ketua Majelis Dikdasmen PDA Kota Yogyakarta, terhitung pada Senam Sehat ada 717 anak yang mengikuti, stand interaktif terdiri dari perwakilan cabang, dan pada pentas seni terdapat 45 PAUD yang akan tampil hingga hari Minggu, (27/10).

Nur Asriyah menyampaikan alasan diselenggarakannya kegiatan di Museum Vredeburg adalah perrtama, untuk menekankan kembali bahwa Indonesia khususnya Kota Yogyakarta memiliki sejarah. Kedua, dengan mereka menyaksikan bahwa ternyata di museum itu mengasyikkan. “Kita punya bangunan-bangunan bersejarah yang layak untuk di kunjungi sebagai ajang pendidikan bagianak-anak. Selain mengedukasi, di sini kita juga bisa bersenang-senang,” ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA), Hj. Zulaikha yang mempertegas bahwa kegiatan dalam rangka menyemarakkan Milad 100 tahun TK ABA ini merupakan tonggak pendidikan PAUD ‘Aisyiyah yang harus terus dirawat dan dikembangkan bersama.

Selanjutnya sambutan dari Pemerintah kota yang diwakili oleh Kepala DPMPPA (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak) menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih karena Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah telah banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan di Indonesia, karena telah banyak lembaga pendidikan dari dasar hingga perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Harapannya dari satu abad  TK ABA adalah apa yang di cita-citakan tentang pendidikan anak oleh Kyai dan Nyai Ahmad Dahlan benar-benar di implementasikan. Anak-anak benar-benar di didik tidak hanya di ajarkan, tapi juga di didik budi pekertinya, akhlaknya, dan juga kepeduliannya. Kami berharap TK Aisyiyah tidak hanya sebagai branding dan nama saja, tetapi ruh yang dibawa oleh ‘Aisyiyah dapat  diterapkan ke anak-anak pada saat usia dini” ujarnya.

Rangkaian Milad 100 tahun ini akan dilanjutkan dengan seminar pada hari Minggu, 2 November 2019 di AMC (Asri Medical Center) Yogyakarta. “Seminar ini bersifat lokal yang mana akan mengajak guru dan pengurus ‘Aisyiyah untuk meng-upgrade pemahaman tentang ke-‘Aisyiyahan sebagai bentuh peneguhan ideologi ‘Aisyiyah lagi,” tambah Asriyah. (Hersha/AAM)