'Aisyiyah dan SEAMOLEC Gelar Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

01 Agustus 2019 11:16 WIB | dibaca 208

Hari ini (1/8) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah menggelar Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif dan Pengemasan Bahan Ajar Berbasis Video Kerjasama Pimpinan Pusat 'Aisyiyah dengan Seamolec. Acara yang digelar di laboratorium komputer Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta ini turut dihadiri oleh Direktur SEAMOLEC, Alpha Amirrahman; Ketua PP 'Aisyiyah, Shoimah Kastolani; Ketua Majelis Pemberdayaan Kader PP 'Aisyiyah, Salmah Orbayinah; Tim Trainer SEAMOLEC, Ali Imron.


Shoimah Kastolani dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu strategi untuk mencapai perempuan berkemajuan, Islam berkemajuan dan gerakan pencerahan adalah mampu menguasai komunikasi, informasi dan teknologi disegala bidang. "Hal ini sangat penting bagi 'Aisyiyah karena sebagai organisasi yang modern dan sudah berusia 105 tahun harus mengikuti perkembangan jaman dan fasih menggunakan teknologi," papar Shoimah.

 

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari Majlis dan Lembaga di PP 'Aisyiyah, guru dan juga dosen dari amal-amal usaha 'Aisyiyah.  Shoimah menyampaikan bahwa tenaga pendidik menjadi peserta untuk kegiatan pelatihan awal ini karena institusi pendidikan adalah amal usaha yang paling banyak dimiliki oleh 'Aisyiyah.  "Amal usaha 'Aisyiyah yang paling besar adalah di bidang pendidikan sehingga untuk kegiatan ini kami menghadirkan guru dan juga dosen-dosen dari amal usaha pendidikan 'Aisyiyah."

Oleh karena itu menurutnya pelatihan kali ini menitikberatkan pada pengembangan media pembelajaran interaktif dan pengemasan bahan ajar yang akan bermanfaat bagi amal usaha pendidikan 'Aisyiyah. Shoimah berharap dengan ilmu yang didapat dari pelatihan ini 'Aisyiyah bisa semakin berkembang dengan memanfaatkan serapan teknologi informasi. Ia juga berharap pelatihan ini akan berkelanjutan dengan dilaksanakan di setiap Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah.


Direktur SEAMOLEC  menyampaikan bahwa saat ini teknologi informasi tidak bisa lepas dari segala aspek kehidupan termasuk bagi institusi pendidikan. "Pengetahuan mengenai teknologi dan informasi ini akan sangat berguna untuk siapa saja baik tenaga pendidik profesional maupun bagi orang tua yang mendidik anak-anaknya."

Menurut Alpha Amirrahman berbagai materi terkait pemanfaatan perangkat digital dan teknologi informasi akan diberikan pada pelatihan ini yang nantinya bisa bermanfaat bagi pengembangan organisasi dan institusi pendidikan. "Setiap peserta pelatihan nanti akan menghasilkan produk dari pelatihan ini dan kami sangat terbuka untuk pengembangan lebih lanjut." Ia juga berharap para peserta bisa membawa materi yang disampaikan dipelatihan ini dan menyampaikannya kepada rekan-rekan sejawat sehingga ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan bersama. (Suri)