'Aisyiyah Cilacap Peringati Hari Ibu dengan Ajak Masyarakat Kawal Keberhasilan SDGs

31 Desember 2016 09:57 WIB | dibaca 717

Rabu (29/12) Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Cilacap menggelar Dialog Publik dalam rangka hari ibu di Ruang Meeting Gedung Jala Bumi Kabupaten Cilacap jalan Jend. Sudirman, dengan tema "Pengarustamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan /Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Program Pembangunan – No Body Left Behind" . Dalam Dialog Publik tersebut turut hadir dari kalangan pemerintahan, akademik, juga media.

Diungkapkan Wachidah Sunarti selaku koordinarot MAMPU 'Aisyiyah Cilacap bahwa maksud diadakannya Dialog Publik ini adalah sebagai forum kegiatan untuk memberikan informasi sehingga dapat menimbulkan kesadaran peserta dan sebagai forum untuk memberikan informasi tentang SDGs sehingga bisa bersama-sama mengusahakan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Cilacap.

"Kesempatan ini merupakan forum yang sangat baik untuk bertukar informasi dan gagasan tentang tantangan maupun peluang pelaksanaan SDGs di daerah maupun di desa," Tutur Wachidah. Dalam dialog tersebut turut hadir tiga narasumber dari BAPPEDA Kabupaten cilacap; Karrisa, Dinas Kesehatan ; Amin Muhtada,SKM.M.Kes , dan Rowakhidah, Sag.M.Ag yang menjelaskan tentang peran masyarakat dalam mengawal penyusunan rencana aksi daerah dan implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs.

Disampaikan oleh Wachidah bahwa dalam Dialog Publik tersebut membahas tiga isu yang penting yaitu mengenasi akses kesehatan, mengentaskan kemiskinan juga isu gender, " Dialog Publik ini menjadi penting mengingat bagaimana kita harus bersama mengawal pelaksanaan SDGs dalam perencanaan dan penganggaran sehingga melalui dialog publik ini informasi tersebut tersampaikan dan masyarakat dapat mengawal jalannya pembangunan," ungkap Wachidah.

Di akhir acara dilaksanakan juga penandatanganan dukungan capaian SDGs di Kabupaten Cilacap yang merupakan bentuk komitmen bahwa 'Aisyiyah beserta pemerintah dan elemen masyarakat lainnya siap untuk mengawal pelaksanaan SDGs. [NKA]