'Aisyiyah Cianjur Kawal RKP Desa Peduli Kespro

07 September 2017 22:02 WIB | dibaca 215

Fakta bahwa penyebab kematian perempuan yang terbesar salah satunya adalah kanker serviks dan kanker payudara membuat kita semua harus aktif meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan reproduksi (kespro). Isu-isu kespro juga menjadi salah satu fokus kerja 'Aisyiyah di berbagai daerah. Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Cianjur melalui program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (MAMPU) 'Aisyiyah pada Rabu (6/9) di Kantor Kecamatan Warung Kondang.

Kader 'Aisyiyah melakukan melakukan pertemuan dengan stake holder dari Kecamatan Warung Kondang, Cianjur. Disampaikan oleh Titin Suastini dari PDA Cianjur bahwa pertemuan tersebut menghasilkan beberapa usulan. "Usulan yang diterima antara lain akan memasukan kespro ke RKP Desa 2018." Menurut Titin, memasukan isu kespro ke dalam kebijakan desa adalah perlu agar kespro bisa menjadi isu penting dan bisa berdampak di masyarakat, karena selama ini isu kespro masih dianggap sebagai isu minoritas.


PDA Cianjur sebelumnya telah menjadikan kecamatan Ciwalen sebagai pilot project untuk kebijakan desa terkait kespro. "Kemudian dari 11 desa lain, 5 diantaranya ingin mengikuti jejak Ciwalen membentuk perdes kespro." Ditambahkan oleh Titin, rencananya bulan ini tim MAMPU 'Aisyiyah Cianjur akan melakukan kunjungan ke desa-desa untuk memperkenalkan kespro atas permintaan kepala desa selaku pengambil kebijakan. (Suri)