‘Aisyiyah Banyuwangi Kembangkan Kompetensi Guru TK ABA

27 Juni 2019 10:10 WIB | dibaca 645

BANYUWANGI – Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Banyuwangi melalui Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar Menengah) bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar “Pelatihan Pengembangan Profesi Guru” bagi para pendidik TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) se-daerah Banyuwangi di Aula SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur pada Rabu (26/6).

Dwi Deritaningtiyas, Ketua PDA Banyuwangi mengatakan, kegiatan dengan tema "Menjadi Guru CERIA (Cerdas, Inovatif, Aktif dan Berkarakter)" itu diikuti oleh 114 guru TK ABA se-daerah Banyuwangi.

“Pelatihan ini sebagai sarana untuk memompa kembali spirit para guru dengan pengetahuan dan ilmu yang baru. Selain itu, untuk tahun ini daerah Banyuwangi sendiri mendapatkan kesempatan untuk menerima tawaran kegiatan bakti dosen 2019 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),” kata Dwi.

Dalam kegiatan itu, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY mengirimkan sebanyak 13 dosen untuk terlibat dalam kegiatan ini. Rombongan peserta bakti dosen tersebut dipimpin oleh Prof. Siti Irene Astuti.

“Bakti dosen 2019 di Banyuwangi dengan rangkaian acara pelatihan ini adalah salah satu cara UNY memberikan kontribusi pada masyarakat yang jauh dari lembaga pendidikan,” ujar Siti Irene dalam sambutannya.

Irene mengemukakan, melalui pelatihan ini para guru yang merupakan tenaga pendidik sekaligus wakil orangtua bagi anak-anaknya di sekolah akandilatih untuk memahami potensi anak dan bisa mengintregrasikan nilai-nilai kearifan lokal pada proses pembelajaran.

“Sejumlah materi yang diberikan di antaranya adalah Pelatihan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran TK, serta Resilensi Untuk Penguatan Karakter Guru Menghadapi Era Revolusi 4.0. Tiap-tiap materi didampingi 4 orang dosen dengan terbagi dalam tiga kelas. Sehingga diharapkan pada pelatihan ini, guru TK ABA diseluruh daerah Banyuwangi dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan,” harapnya. (nisa)

Kontributor: Rizkie Andre

Sumber: muhammadiyah.or.id