'Aisyiyah Ajak Warganya Memilih Secara Cerdas dan Jernih

22 Februari 2014 09:51 WIB | dibaca 809

Pemilihan Umum tinggal menghitung hari, karena pada 9 April nanti warga Indonesia akan memilih calon legislatif dan dilanjutkan dengan pemilihan presiden pada 9 Juli. Jelang pelaksanaan Pemilu, Noordjannah Djohantini, Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, mengingatkan warga ‘Aisyiyah akan Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait Pemilihan Umum 2014, salah satunya agar warga Muhammadiyah-‘Aisyiyah menggunakan hak pilihnya secara cerdas dengan pikiran serta kalbu yang jernih. Noordjannah menambahkan, Pimpinan ‘Aisyiyah juga diminta menjaga jarak dari kepentingan politik tertentu serta menjaga ukhuwah di internal warga ‘Aisyiyah.

Hal tersebut disampaikan Noordjannah dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, di Hotel UNY, Yogyakarta (21-23/2/2014). Meski Yogyakarta belum lama terkena dampak abu vulkanik, berkat ghirah ber-‘Aisyiyah, Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah tetap diselenggarakan. Rapat Kerja Nasional kali ini diikuti oleh 5 Majelis dan Lembaga, yaitu Majelis Pembinaan Kader, Majelis Pendidikan Tinggi dan Kajian Lingkungan, Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan, Lembaga Kebudayaan, dan Lembaga Pengembangan dan Penelitian ‘Aisyiyah. Sejumlah 400 peserta yang berasal dari seluruh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Majelis dan Lembaga di Indonesia hadir dalam Rakernas yang berlangsung selama 3 hari itu.

Dalam sambutannya, Noordjannah mengatakan, bahwa Rakernas ini memiliki arti penting bagi gerakan ‘Aisyiyah untuk kepentingan dakwah kemanusiaan. Forum Rakernas merupakan kesempatan strategis untuk me-review pelaksanaan program hasil keputusan Muktamar, mengingat Muktamar ‘Aisyiyah berikutnya tidak sampai dua tahun lagi atau tepatnya pada Juli 2015. Selain itu, forum Rakernas juga akan digunakan untuk konsolidasi internal terkait implementasi ideologi Muhammadiyah dan konsolidasi pimpinan untuk membangun ghiroh menjalankan amanat organisasi sehingga dapat melaksanakan program hasil keputusan Muktamar hingga tingkat bawah atau Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah.   (HNS)