‘Aisyiah Pangkep Dampingi Uji Coba Mekanisme Umpan Balik Puskesmas Bowong Cindea

31 Januari 2018 12:36 WIB | dibaca 248

Selasa (30/1) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Pangkep mendampingi uji coba sekaligus implementasi sistem umpan balik untuk layanan puskesmas di Puskesmas Bowong Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari lokakarya penyusunan mekanisme umpan balik yang sudah digelar MAMPU ‘Aisyiyah Pangkep bekerjasama dengan Solidaritas dan KOMPAK.

Menurut Nhany selaku Koordinator Program MAMPU ‘Aisyiyah Pangkep, kegiatan ini berangkat dari keinginan untuk menerapkan sistem umpan balik yang baik dari masyarakat kepada layanan kesehatan yakni puskesmas. “Saat ini sistem umpan balik yang ada yaitu berupa kotak aduan masih belum melibatkan masyarakat secara aktif dan upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada masih belum mendalam,” ujar Nhany. Oleh karena itu, Nhany melanjutkan bahwa beberapa waktu yang lalu ‘Aisyiyah Pangkep bersama Solidaritas dan Kompak telah selesai menyusun instrumen umpan balik yang bisa diterapkan di Puskesmas dampingan dan sudah dilaksanakan uji coba sekaligus penerapannya di Puskesmas Bowong Cindea.

Nhany menyampaikan pemberian umpan balik dilakukan secara interaktif menggunakan teblet dimana pengunjung puskesmas dipandu oleh petugas pelaksana. Penggunaan tablet dalam mekanisme umpan balik ini dimaksudkan untuk memudahkan responden dalam menjawab pertanyaan dan juga memudahkan nantinya dalam pengolahan data sehingga menurut Nhany nanti hasil dari umpan balik ini bisa diperoleh dengan cepat dan diakses dengan mudah dan tentu saja akan ada solusi yang cepat jika ada permasalahan yang timbul.

  

Uji coba umpan balik ini akan dilaksanakan hingga tanggal 2 Februari di Puskesmas Bowong Cindea dan akan berlanjut di Puskesmas Minasate’ne pada 5-9 February 2018. “Setelah selesai pelaksanaan uji coba umpan balik ini kami akan melakukan analisis hasil data dan juga merancang keberlanjutan penerapannya,” terang Nhany. Kedepannya Nhany berharap mekanisme umpan balik ini bisa diterapkan di semua puskesmas yang ada di wilayah Pangkep. (Suri)