'Aisyiyah Adakan Audiensi dengan Kemendikbud

21 September 2016 09:21 WIB | dibaca 1162

 

‘Aisyiyah mengadakan Audiensi dengan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (15/09). Dalam audiensi tersebut dijelaskan bahwa setelah muktamar di Makasar, ‘Aisyiyah memiliki program yang fokus pada pendidikan , hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga, yaitu keluarga yang kokoh. Selain itu di abad kedua ini ‘Aisyiyah juga berfokus pada gerakan keilmuan yaitu dengan gerakan gemar membaca, keluarga yang rajin tadarus. Selanjutnya adalah mengurangi kekerasan terhadap anak, melek digital, juga Gerakan ‘Aisyiyah Cinta Anak (GACA) sebagai gerakan yang masif

‘Aisyiyah yang telah memiliki sejumlah 18.000 sekolah PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Terus berusaha meningkatkan kualitas sekolah-sekolah yang telah didirikan, untuk meningkatkan kualitas guru ‘Aisyiyah bekerjasama dengan CSR berusaha meningkatkan kualitas guru dengan memberikan beasiswa untuk guru-guru yang belum memiliki pendidikan S1. Karena pada kenyataannya saat ini para guru PAUD banyak belum mengenyam pendidikan S1, sedangkan dengan jaman yang terus berkembang, para guru dituntut untuk mengikuti model-model pembelajaran yang berkembang cukup pesat.

Dalam audiensi tersebut menteri pendidikan memberikan apresiasi terhadap aisyiyah sebagai organisasi terbesar dalam kontribusinya di dunia pendidikan, khususnya pada anak usia dini. Kontribusi ‘Aisyiyah menjadi penting, ditengah pemerintah yang lebih memfokuskan pada Pendidikan Dasar dan Menengah, dilihat dari posisi anggaran APBN hanya 1,8% yaitu sejumlah 4 Triliyun dari 39 Triliyun. Selain itu, 'Aisyiyah akan membuat litbang PAUD untuk meningkatkan metode-metode dan strategi PAUD.

'Aisyiyah juga akan mengadakan konvensi pendidik anak usia dini ‘Aisyiyah yang akan dihadiri oleh perwakilan guru-guru PAUD, ahli PAUD, semua stakeholder, akan kerjasama dengan kementerian di akhir November 16

Melalui audiensi tersebut aisyiyah berharap adanya sinergi antara kemendikbud dengan 'Aisyiyah. 'Aisyiyah sendiri berencana akan mengadakan pelatihan bagi guru PAUD dengan materi Psikologi anak, materi pemebelajaran di PAUD, sosiologi pendidikan, yang nantinya akan bermanfaat bagi peningkatan kompetensi guru-guru PAUD. (NKA)