74 Tahun: Jadikan Indonesia sebagai Negara yang Adil dan Berkeadaban

17 Agustus 2019 10:30 WIB | dibaca 137

Oleh: Siti Noordjannah Djohantini (Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah)

Kemerdekaan bagi ‘Aisyiyah adalah menghayati seluruh perjuangan tokoh bangsa saat mendapatkan kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk para tokoh perempuan hebat yakni Cut Nyak Dien, RA Kartini, Siti Walidah, Malahayati dan masih banyak tokoh perempuan yang bagi kita semua perlu dikenang dan diteladani langkah perjuangannya.

Bagi ‘Aisyiyah, kemerdekaan harus diisi dengan seluruh perjuangan komponen bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang adil, dan berkeadaban. Kemerdekaan Indonesia harus diisi dengan generasi muda yang mampu mengisi kemerdekaan dengan hal positif, produktif, sehingga Indonesia menjadi maju.

Beragam masalah yang masih dialami oleh Bangsa ini, seperti ekonomi, keadilan, sosial, hukum, perempuan dan anak harus menjadi perhatian utama bagi seluruh komponen masyarakat. Persoalan perempuan dan anak harus terus diperjuangkan, Indonesia harus menjadi negara yang dinikmati oleh semua warga bangsa.

Dalam hal ini, Islam dalam peran keindonesiaan harus menjadi fondasi tempat berkebangsaan untuk meraih kemajuan yang lebih sejahtera, adil, dan warga menjadi bangga akan bangsanya. Terakhir, bagi seluruh warga ‘Aisyiyah dimana pun berada, yang telah berjuang mengisi kemerdekaan dengan hal positif, jadikanlah hal itu sebagai cambuk untuk meneruskan perjuangan kita.

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke 74, semoga ridho Allah SWT menyertai kita semua.

Sumber: muhammadiyah.or.id