11 Cabang 'Aisyiyah Yogyakarta Membuka Biro Konseling Keluarga Sakinah 'Aisyiyah

30 Agustus 2017 21:47 WIB | dibaca 1612

Yogyakarta- Banyaknya para Mubalighot 'Aisyiyah di cabang dan ranting menerima konsultasi permasalahkan keluarga dan anak secara informal, adalah ide awal bagi Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) D.I. Yogyakarta untuk membuat Biro Konsultasi Keluarga Sakinah 'Aisyiyah (BIKKSA), hal tersebut diungkapkan oleh Zulaikha Ketua PWA DIY,

Zulaikha mengungkapkan, saat ini sudah ada 11 cabang yang pilih untuk menjadi pilot project program BIKKSA. 11 cabang tersebut dipilih oleh PDA yang masing-masing memilih 2 atau 3 cabang. Kedepannya, setelah 11 cabang berjalan diharapkan semua cabang akan mengadopsi.

"Kenapa kami memilih agar cabang yang mendirikan BIKKSA ini? karena jarak mereka dengan masyarakat lebih dekat, mubalighot kami sudah biasa menjadi tempat konsultasi para masyarakat. maka dari ini kami berinsiatif untuk melembagakan. yang diharapkan akan menjawab berbagai persoalan terkait keluarga, perempuan dan anak. Selain itu, meskipun dipegang oleh cabang, wilayah tetap mendukung," ungkap Zulaikha.

Dikatakan oleh Zulaikha, bahwa BIKKSA ini membantu permasalahan yang belum sampai taraf hukum, bila permasalahan keluarga klien sudah sampai pada taraf yang harus bersentuhan dengan hukum, nanti akan dibantu oleh Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM).

Sampai saat ini BIKKSA masih terus berproses untuk menambah potensi para SDMnya, " Kemarin wilayah berkunjung untuk kesiapan SDM, dan apa fasilitas yang masih perlu ditambah untuk kebutuhan kantor, dan yang pasti akan diadakan pelatihan bagi konselor, selama ini para konselor masih menjawab permasalahan hanya antar individu, maka kami perlu menambah keahlian dengan mengadakan pelatihan secara rutin," tutur Zulaikha. [Karima]