Seabad ‘Aisyiyah, Lagu Jihad ‘ Aisyiyah Abad Kedua

03 Agustus 2015 18:09 WIB | dibaca 1132

Pengisi acara dalam pembukaan Muktamar Satu Abad (dok. ‘Aisyiyah)

 

Lagu ‘Seabad ‘Aisyiyah’ yang diciptakan oleh Siti Noordjannah Djohantini dengan aransemen Dwiki Dharmawan menandai momentum Muktamar 1 Abad ‘Aisyiyah. Noordjannah menyebutnya sebagai lagu jihad ‘Aisyiyah Abad Kedua. “Saya membolak-balik sampai lima kali. Menaruh antara bait atas dan bawah, melogikakannya, dan menaruh di perasaan yang pas itulah yang tidak mudah. Saya bukan seniman,” ungkapnya. Melalui syair lagu ‘Seabad ‘Aisyiyah’, Noordjannah mencoba untuk mencerminkan kiprah, sejarah, dan spirit luar biasa perempuan-perempuan ‘Aisyiyah. Pada bait kedua, ungkap Dwiki, tampak kiprah ‘Aisyiyah di banyak hal, seperti kesehatan, pendidikan, anak, dan partisipasi pembangunan bangsa. 

Di depan peserta Tanwir III ‘Aisyiyah, Dwiki mengaku semakin kaget ketika sudah disodori lirik yang sangat puitis oleh Noordjannah. “Terus terang, ketika saya diminta oleh Ibu Noordjannah, saya dalam perjalanan panjang di luar negeri. Jadi, praktis lirik yang dibuat Ibu Noordjannah ini, saya buatkan musiknya banyak di pesawat.”

Musik Seabad ‘Aisyiyah sengaja dibuat kekinian oleh Dwiki. “Meskipun liriknya mendalam, namun karena ‘Aisyiyah bukanlah perkumpulan perempuan konservatif, maka aransemen lagunya dibuat kekinian,” jelasnya singkat. Menurutnya, ‘Aisyiyah merupakan organisasi perempuan yang selalu memiliki semangat anak muda. Dwiki pun memuji Muhammadiyah dan organisasi otonomnya (ortom) sebagai organisasi dakwah Islam yang memiliki cita rasa kesenian yang sangat tinggi. Ia berharap agar ‘Aisyiyah menjadi pelopor dan mengawal pembangunan bangsa.

Pada pembukaan Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-47, lagu ‘Seabad ‘Aisyiyah’ dinyanyikan dengan tampilan video clip yang menggambarkan dinamika ‘Aisyiyah. Lagu tersebut dikumandangkan setelah Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, menyampaikan sambutannya terkait Satu Abad ‘Aisyiyah.

 

Syair Lagu ‘Seabad ‘Aisyiyah’

Seabad ‘Aisyiyah Majukan umat cerahkan bangsa Gerakan dakwah pencerahan Menebar benih kebaikan semesta

Seabad ‘Aisyiyah Muliakan martabat kaum wanita Bangun insan keluarga sakinah Gapai hidup penuh karunia

REFF:Ke Makassar satukan langkah Bergandeng tangan hadapi tantangan Teguhkan tekad bangun ukhuwah Rajut harapan perempuan berkemajuan

Teguhkan ghirah ‘Aisyiyah sejati Lintasi zaman dengan nurani Bersendi ruh Islam nan murni Raih karunia ridho Illahi

Abad ke dua kita mulai Makmurkan bumi sinari negeri Kibarkan panji matahari Meraih kejayaan abadi

REFF 2x